PANDORAQUE: REFLEKSI 2023 DAN RENCANA 2024

pandoraque: refleksi 2023 dan rencana 2024

Bisa dibilang ini postingan bertema kaleidoskop untuk blog Pandoraque. Kali kedua bikin refleksi dan rencana tahunan khusus blog. Di tahun kedua ini ada tambahan evaluasi rencana tahun lalu. Apa sudah terlaksana atau belum. Ya begitulah. :D

Refleksi Pandoraque 2023

Sebelum bahas rencana di tahun baru, mari refleksi dulu terkait pencapaian Pandoraque di 2023. Secara garis besar sih tidak ada peningkatan yang signifikan, wkwk. Jumlah postingan tahun lalu masih hitungan jari.

1| Jumlah Postingan

Total blog atau jumlah postingan tahun lalu ada delapan. Tuh kan masih hitungan jari, hehe. Sebagian besar berupa seri nostalgia jalan-jalan ke Jogja. Tidak menyangka juga kalau postingan tersebut bisa meluber sampai lebih dari tiga blog.

Postingan tersebut juga masih minim gambar. Soalnya kesempatan untuk menulis dan posting hanya ketika anak tidur. Berasa sih ada yang kureng. Tapi ya sudah lah. Untuk sementara gambarnya menyusul, wkwk.

Berikut daftar tulisannya. Kalau teman-teman berminat untuk baca, klik saja judulnya ya.

2| Page View

Ternyata sampai tahun berganti, menghitung page view blog sendiri masih merasa kurang yakin benar, wkwk. Di blog ini sudah dipasang widget page view (bawaan dari blogspot). Namun (lagi-lagi) lupa untuk mencatat berapa angka di awal dan akhir tahun.

Sementara jika mengikuti cara tahun lalu lewat Google Analytics, didapat angka sekitar enam ribuan tayangan. Masih sedikit sekali ya. Setahun hanya segitu, haha.

Boleh jadi penyebabnya karena minim postingan, menulis tanpa pikir SEO serta minim blog walking. Lihat nanti apakah bisa meluangkan waktu buat nambah ilmu dunia perblogan ini.

Evaluasi Rencana Pandoraque 2023

Tahun 2023 lalu sempat bikin rencana yang lumayan banyak. Sungguh bersemangat sekali saya saat itu. Sekarang waktunya evaluasi. Apakah sudah tercapai ya? :D

1| Rutin update postingan

Poin pertama terkait dengan jumlah postingan blog. Berharap bisa rutin untuk posting blog. Ternyata rencana ini belum berhasil. Bisa dilihat kalau jumlah postingan hanya delapan. Di blog Bukulova juga demikian. Yup! Mari coba lagi di tahun yang baru ini.

2| Membenahi artikel lama

Postingan baru saja masih jarang, boro-boro membenahi artikel lama, wkwk. Namun untuk menghibur diri, menjelang akhir tahun lalu Pandoraque menemukan jati dirinya #tsah. Maksudnya dari blog gado-gado, akhirnya saya bisa memutuskan tema pokok apa saja yang ingin saya tulis.

Hal ini membantu banget. Artikel lama bisa dibenahi dengan lebih terarah. Pengelompokannya lebih mudah. Artikel yang tidak relevan bisa segera saya tarik publikasinya alias tidak akan tayang lagi di Pandoraque.

Kesimpulannya apa? Tahun 2023 saya masih gagal membenahi artikel di blog ini. Di tahun 2024 ini saya agak ragu punya waktu untuk membenahi semua. Mungkin jika bisa membenahi satu dua artikel rasanya sudah seperti sebuah pencapaian, hehe.

3| Belajar baca data GA

Nah, ini salah satu ilmu dunia blog yang masih jadi PR saya. Awam banget. Taunya ngeblog itu cuma nulis lalu publikasi sendiri, wkwk. Nulisnya pun masih sesuka hati.

Perlahan saya melihat lalu mengamati blog teman-teman lainnya. Jadi muncul keinginan untuk memberikan kontribusi yang lebih lewat blog. Baik untuk diri sendiri juga tentunya untuk pembaca. Terdengar terlalu muluk gak ya? :D

4| Percantik tampilan blog

Untuk poin ini, sudah saya mulai sedikit. Bisa dibilang rencana ini terlaksana meski belum tuntas.

Saya ganti tema blog lagi. Namun masih pakai template bawaan blogger dimana sangat terbatas sekali pilihannya, wkwk. Sementara untuk tampilan isi blog seperti font, warna teks dll sudah mulai saya poles.

Satu hal yang juga saya syukuri, seperti yang saya tuliskan sebelumnya, saya sudah punya arah tulisan untuk Pandoraque. Tetap blog personal namun dengan pokok bahasan yang lebih khusus. Semoga sesuai seperti yang diinginkan.

Rencana Pandoraque 2024

Berkaca pada tahun lalu, maka tahun ini (masih dengan semangat menggebu) saya tetap bikin rencana buat Pandoraque. Kurang lebih mirip sih dengan rencana tahun lalu, wkwk.

1| Memperbaiki fokus blog

Jadi Pandoraque mulai berubah. Dari blog yang super gado-gado menjadi blog personal yang fokus berbagi cerita seputar perjalanan (travel), gaya hidup (lifestyle), dan aneka ulasan (review). Kategori tersebut bakal dipecah lagi menjadi lebih khusus. Namun pecahannya tidak banyak dan tidak se-random sebelumnya.

Saya lihat ketiga tema tersebut ada pada sebagian besar tulisan yang saya buat untuk blog ini. Khusus kategori lifestyle, saya sekalian belajar untuk menulis berdasarkan kebutuhan pembaca. Belum tahu apa bakal terlaksana dengan baik. Dicoba aja dulu lah.

2| Rutin update blog

Masih sama seperti tahun lalu, pengen tahun ini bisa rutin update blog. Tidak muluk. Minimal dua postingan per bulan aja. Kalau bisa posting satu blog per minggu.

Tidak ada target angka yang ingin dicapai di akhir tahun. Suasana baru dan pengen mengalir saja. Kegiatan blogging ini sebenarnya bagian dari hobi. Biar tidak penat sekali isi kepala.

3| Membenahi artikel lama

Sudah mulai dicicil sedikit dengan mengelompokkan artikel lama ke dalam kategori blog baru. Serta menarik tayangan artikel yang tulisannya tidak lagi relevan dan yang lebih banyak gambar daripada teks.

Selanjutnya ingin membenahi isi artikelnya. Gambar pelengkapnya juga pengen dipoles. Kemudian berusaha bikin judul dan paragraf pertama yang menarik dan saling terkait.

Mengingat banyak sekali yang perlu dibereskan, maka hasil yang kuharapkan juga tidak mau terlalu muluk. Satu artikel per bulan yang berhasil dibenahi sepertinya sudah cukup menyenangkan.

Akhir Kata

Begitulah refleksi, evaluasi, dan rencana Pandoraque 2023 - 2024. Semoga ada hasil baik di akhir tahun nanti. Tetap semangat berproses dan bertumbuh. :D

Comments

Popular posts from this blog

Tidaakk!!

Apa yang bisa dilakukan di Hago Farm

Pohon Sukun Meranggas