Refleksi & Rencana Pandoraque (2022-2023)


Jika di Bukulova ada Rentang; postingan perihal aktivitas baca dan ngeblog tentang buku selama setahun, maka mulai tahun 2023 ini, aku berencana membuat postingan khusus seperti itu untuk Pandoraque.

Postingan ini akan berisi rekaman perjalanan Pandoraque selama setahun terakhir. Sebagai bentuk dokumentasi, refleksi sekaligus resolusi tahunan.

Refleksi Pandoraque 2022

Aktivitas blogging selama 2022 lalu tidak begitu pesat. Bisa terlihat dari jumlah postingan yang masih hitungan jari. Pertambahan pageview juga tidak seberapa. Masih jauh dari target yang kuharapkan. Bagaimana mau naik ya? Posting masih suka-suka. Baik itu waktunya sampai isinya. :D

Jumlah Postingan

Total hanya ada sembilan postingan selama 2022 lalu. Bahkan tidak bisa dibilang satu bulan satu postingan, hehe. Namun untuk temanya lumayan beragam.

Sebab postingannya tidak terlalu banyak, berikut daftar judul postingan selama 2022 lalu. Silakan klik saja jika tertarik untuk baca isinya.

Entertainment

  • Rekap Bacaan Tahun 2021
  • Menikmati Film Terbaru Marvel (Dr. Strange in the Multiverse of Madness) 
  • 5 Rekomendasi Film yang Syuting Hanya di Satu Tempat

Travel

  • Mengunjungi Kota Palembang Lima Tahun Lalu
  • Jogja 2017: Keberangkatan

Technology

  • Perpanjang SIM Sambil Rebahan? Begini Caranya

Journaling

  • 7 Ide Jurnal Kreatif, Alternatif Cara Manfaatkan Buku Catatan Tak Terpakai

Daily Life

  • Latihan Menulis Prompt Tahunan

Animal Story

  • Tentang Anak-anak si Tabby

Page View

Aku tidak mencatat berapa jumlah pageview atau tayangan halaman di awal dan akhir tahun 2022. Jadi untuk postingan perdana ini aku coba ulik dari Google Analytics (GA). Haha, jujur bingung juga bagaimana membaca informasi dari GA.

Setelah diulik, dapat angka 5.048 untuk jumlah tayangan halaman dari tanggal 1 Januari sampai 31 Desember 2022. Entah tepat atau tidak caranya, aku tidak tahu. Kudu belajar lagi soal baca data GA. Mana sekarang sudah disuruh pindah ke GA 4. :D

Angka pageview di atas masih terbilang kecil. Kalau dihitung rata-rata per hari nya hanya kisaran 14 pengunjung yang mampir ke Pandoraque. Haha, ya apa yang mau dilihat juga sih dari blog yang jarang posting. Mudah-mudahan tahun 2023 lebih rajin lagi.

Rencana Pandoraque 2023

Mari membuat rencana untuk tahun ini. Aktivitas ngeblog jadi berasa lebih terarah dan serius. Ya gak sih? :D

Rutin update postingan

Apalah sebuah blog tanpa postingan di dalamnya. Jadi rencana pertama Pandoraque di tahun ini adalah rutin update blog. Daftar ide tulisan sudah dibuat. Eksekusinya yang masih belum lancar. Apa ya yang bisa dilakukan agar lebih lancar nulis buat Pandoraque?

Aku akan coba mulai dengan menulis hal-hal personal saja. Artikel berdasarkan pengalaman yang tidak butuh banyak riset. Buat pemanasan gitu deh. Kalau ini berhasil, pelan-pelan naik ke tulisan yang sifatnya lebih umum (general, what people need). Aamiin.

Sama seperti Bukulova, targetnya tahun ini buat 52 postingan. Jadi satu minggu satu cerita. Haha, yakin aja lah. Kalau ada satu minggu yang terlewat, harus dirapel. Yok bisa yok… :D

Membenahi artikel lama

Selain fokus buat postingan baru, aku punya rencana untuk membenahi artikel Pandoraque yang telah ada. Mulai dari isinya hingga pengindeksan di Google Search Console.

Untuk bagian konten atau isi bukan berarti merombak semuanya. Paling menyisipkan informasi tambahan jika diperlukan. Selain itu mengecek kalau ada kalimat yang ribet. Biar artikel tersebut lebih mudah dibaca. Kepengen juga melakukan cek kata kunci dan menambahkan informasi di bagian gambar pelengkap postingan tersebut.

Sementara pengindeksan tentu melakukan perbaikan dan validasi agar artikelnya terbaca di google search. Sebenarnya minim ilmu soal ini. Sambil berbenah sambil belajar.

Belajar baca data GA

Pengen bisa ambil manfaat dari Google Analytics. Cuma belum paham cara membacanya dan peluang apa yang bisa dilihat dari data GA tersebut.

Belajar tentang GA melalui Google. Pernah intip beberapa judul artikel terkait GA. Tahap awal sepertinya dengan memahami setiap istilah di tool tersebut.

Percantik tampilan blog

Pandoraque menggunakan template bawaan dari blogspot. Template yang sekarang oke, cuma masih ada yang kurang sreg. Jadi mau diutak-atik.

Untuk jenis dan ukuran huruf tidak masalah. Hanya saja spasi dan penempatan adsense agak mengganggu. Ada kemungkinan ganti template. Tapi bisa jadi tidak perlu diganti namun setting-nya dibuat custom. Haha belum kuputuskan sih.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu perdana postingan tahunan Pandoraque. Mari berproses dan lihat bagaimana akhir tahun nanti, insya Allah. Semoga pencapaian berikutnya bagus dan rencana yang dituliskan bisa dilaksanakan. Semangat.

Comments

Popular posts from this blog

Tidaakk!!

Apa yang bisa dilakukan di Hago Farm

Pohon Sukun Meranggas