Ide Tulisan dan Target Januari 2021

ilustrasi | dokumen pribadi

Sudah dua hari Pandoraque mengikuti tantangan menulis online. Insya Allah tantangan ini akan berlangsung selama 30 hari atau sebulan. Setiap harinya, peserta diminta menulis sesuai tema yang telah disiapkan. Di hari ketiga ini temanya bebas, jadi ya peserta bisa menulis tentang apa saja. 

Ide Tulisan

Kadang aku berpikir menulis ini mirip berbicara. Lebih enak dan terarah kalau ada topiknya. Jika sudah punya topik maka bisa diulik berdasarkan fokus blog yang sudah ditetapkan.

Agak lelah secara mental karena sudah jarang mengisi Pandoraque, alhasil aku sedikit bingung mau menulis tentang apa. Aku pun mencari bantuan ke Pinterest. Lho, maksudnya?

Menelusuri Pinterest

Sudah umum jika Pinterest adalah sosial media yang menarik. Salah satu tempat yang cocok untuk mencari ide. Mirip Google namun lebih estetik. Oleh karena itu aku ke sana mencari topik apa yang enak dibahas dan ini yang kutemukan. 

journal prompts | sumber pinterest

Gambar di atas adalah journal prompts atau anggaplah daftar berisi ide tulisan. Nomor yang ada di situ boleh jadi mewakili tanggal/hari di bulan tersebut. Dengan kata lain, gambar di atas bisa juga diaplikasikan untuk menulis sebulan penuh.

Selain untuk bulan Januari, ada juga kulihat daftar prompt untuk bulan-bulan lainnya. Karena ingin menyesuaikan dengan waktu postingan ini dibuat, maka aku putuskan mengambil yang "January", hehe. 

Target Bulan Januari

Daftar tersebut kutelusuri. Ternyata aku cocok dengan yang nomor dua yaitu "three goals for this month". Aku mengartikannya sebagai tiga target yang ingin dicapai di bulan ini. Setelah dipikirkan, aku mau bercerita tentang dua target saja. Lebih bagus ganjil sih, tapi ya sudahlah ya. Kan, "bebas" ceritanya tadi, hihi. 

1 | Menuntaskan ODOP

ODOP (One Day One Post) adalah tantangan menulis yang kubicarakan di paragraf sebelumnya. Salah satu targetku bulan ini adalah menyelesaikan tantangan menulis ini atau dengan kata lain berhasil menulis/mengisi blog ini selama 30 hari berturut-turut sesuai dengan aturan main yang ditetapkan. Ini kali pertama aku melalui Pandoraque ikut tantangan menulis seperti ini. Tentunya aku merasa sangat bersemangat.

2 | Memulai Bullet Journal 2021

Bullet Journal (Bujo) adalah catatan manual tahunan di sebuah buku/agenda. Isi dan desainnya bermacam-macam sesuai kebutuhan si pembuat. Salah satunya bisa berupa rancangan kegiatan yang sudah, ingin dan yang akan dilakukan.

Aku memang agak terlambat memulai Bujo tahun ini. Perlengkapannya sudah siap, tinggal eksekusi menuangkan perihal tahun ini di sana. Segera setelah beradaptasi dengan ODOP, aku akan mulai mengurus Bujo 2021. Kapan pastinya "segera" itu? Kalau bisa sih sekitar tanggal 6 atau paling lama tanggal 10. Saat itu inginnya sudah terbiasa mengikuti ritme posting ODOP jadi bisa bagi fokus ke bujo.

Apakah pembaca disini ada yang mengikuti ODOP juga? Atau punya target bulanan seperti ceritaku di atas? Silakan berbagi dikolom komentar ya.

Submitted to:
One Day One Post 2021 - Indonesian Content Creator (443 kata)

Comments

Popular posts from this blog

Tidaakk!!

Apa yang bisa dilakukan di Hago Farm

Pohon Sukun Meranggas