Bullet Journal Monthly Set Up Ideas

Bullet Journal - Seperti yang kuceritakan sebelumnya, tahun ini aku menambah label baru yang bercerita tentang jurnal. Bisa dibilang ini merupakan salah satu kegiatanku untuk mengisi waktu luang. Di postingan sebelumnya aku ada cerita tentang Bullet Journal Set Up untuk tahun 2020. Set up tahunan yang kubuat tersebut sederhana dan menggunakan peralatan yang mudah ditemukan. Selain itu aku juga membuat setiap halamannya sesuai kebutuhan saja. 


Bujo Monthly Set Up 2020

Melanjutkan postingan tersebut, kali ini aku akan cerita tentang set up bulananku. Setiap bulan, aku membuat set up baru yang lagi-lagi sesuai dengan kebutuhan saja. Untuk bulan Oktober tahun ini, tidak banyak halaman yang kubuat. Oleh karena itu, agar postingan ini lebih berfaedah, aku akan tampilkan beberapa halaman set up yang pernah kugunakan di bulan-bulan sebelumnya. Mana tahu, bisa menjadi inspirasi untuk pembaca semua yang ingin membuat bullet journal. Ssttt, kalau mau lihat proses pembuatannya secara audio visual, silakan cek video di atas ya, hehe

Bujo Set Up October 2020

Cover/Sampul bulanan 

Setiap bulan aku membuat sampul baru. Fungsinya sebagai penanda sekaligus pemisah dengan bulan lainnya. Aku merasa bujoku lebih terorganisir dan lebih mudah dibaca ulang kemudian hari. Desain cover yang kubuat juga simple saja hanya terdiri drai nama bulan, mini calendar, hiasan untuk dekorasi, kutipan penyemangat dan target yang ingin dicapai di bulan tersebut. 


Monthly Spread 

Halaman ini berfungsi sebagai catatan kegiatan yang akan dilakukan di bulan ini, semacam pengingat. Akan tetapi biasanya aku gunakan halaman ini untuk mencatat highlight/peristiwa yang berkesan yang terjadi di setiap harinya. Karena kotaknya juga kecil, kadang aku tempel stiker deco sebagai simbol kejadian di hari itu sekaligus hiasan/dekorasi agar bujo ini lebih berwarna. 


Blog ideas/Content ideas 

Sesuai namanya, aku bisa mencatat ide-ide apapun yang melintas di kepala terkait dengan blog ataupun konten media sosial lainnya yang ingin aku posting. 

Brain Dump 

Halaman ini merupakan tempat bagi hal-hal random/acak tentang apa pun. Intinya berisi luberan dari apa pun yang melintas di kepala. 

Evaluasi 

Di akhir setiap bulan, aku tutup dengan halaman evaluasi, sebuah rangkuman pendek untuk melihat kembali apa yang telah dicapai, apa yang masih perlu diperbaiki, dan lain sebagainya. 

Yup, itulah set up untuk bulan Oktober. Sebagai tambahan, berikut ide set up lainnya untuk referensi bullet journal teman-teman semua. 

Additional Set Up Ideas

To Do List (bulanan) 

Halaman ini dapat diisi dengan daftar tugas yang ingin dilakukan atau jadwal kegiatan lainnya yang akan dilakukan selama sebulan kedepan. Aku pernah membuat halaman to do list ini dalam bentuk kotak per hari. 

Food Log /Meal Plans 

Food Log di sini maksudnya kutuliskan makanan dan minuman apa saja yang aku konsumsi selama sebulan. Semacam tracker untuk mengetahui apakah aku kebanyakan konsumsi makanan sehat atau sebaliknya. Jika tidak ingin halaman ini berfungsi demikian, halaman ini bisa digunakan untuk mencatat jenis makanan apa saja yang akan dimasak/konsumsi di bulan tersebut. 

Weekly Spread 

Halaman ini dibuat mingguan. Weekly spread ini bisa digunakan sebagai gabungan dari to do list dan food log. Kalau versiku, aku buat dalam bentuk kolom disertai keterangan minggu ke berapa di bulan tersebut serta keterangan tanggal dan hari. 

Gratitude Log

Sesuai judulnya, halaman ini berisi satu kalimat syukur akan hal apa saja yang terjadi atau aku dapatkan di hari itu. Jadi, halaman ini kuisi setiap hari selama sebulan penuh. Templatenya kubuat sederhana hanya berupa kode tanggal, hari, lalu ungkapan syukurnya. 

Tracker 

Ada banyak macam tracker. Yang paling sering kubuat adalah habit tracker dan mood tracker. Kalau habit tracker itu kubuat untuk melatih kedisiplinan dalam menjalankan kebiasaan lama ataupun melatih kebiasaan baru. Haha, belibet kalimatnya. Intinya itulah. :D 
Sementara mood tracker kugunakan untuk merekam mood/perasaan apa yang paling kurasakan setiap hari selama bulan tersebut misalnya excited, happy, angry, sad, dsb. Nanti di waktu kemudian aku bisa melihat mood/perasaan apa yang dominan kurasakan di bulan tersebut. 

Penutup

Ya, demikianlah bujo set up yang kubuat untuk bulan Oktober ini. Agak telat, sih aku cerita di sini, hehe. Namun semoga bermanfaat atau mungkin dapat menjadi ide tambahan untuk bujo bulan depan. Maaf kalau kualitas gambar di postingan ini kurang oke. Silakan cek langsung di videonya saja ya, hihi. Happy journaling. :D

Comments

  1. aku pengen bikin beginian mbak, kalau liat di ecommerce, pendukung untuk membuat journal lucu lucu kiyut gitu, cuman takutnya aku nggak konsisten mengisinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya mba. Bikin lapar mata karena byk journal merch yg lucu-lucu. Kadang aku juga ada bolong ngisi jurnal ini. Cuma aku tetap suka aja buat seperti ini dan beberapa bagiannya berfungsi utk aku hehe.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tidaakk!!

Apa yang bisa dilakukan di Hago Farm

Pohon Sukun Meranggas