Bullet Journal Set Up 2020

dokumentasi pribadi | canva template

"Bullet Journal is the analog method for the digital age that will help you track the past, order the present, and design your future."

Bullet Journal - Kalimat di atas adalah definisi dari bullet journal (bujo) yang kuambil dari situs thebulletjournal (dot) com. Ya, inti postingan kali ini tentang bullet journal. Kali ini aku ingin membagikan set-up yang kugunakan untuk tahun 2020 ini. Aku telah membuat set-up ini di awal tahun. Meski agak telat, semoga postingan ini bisa bermanfaat. Mana tahu bisa jadi inspirasi untuk bujo-nya di 2021, hehe.

Bujo Set Up 2020

Tema bujo diriku di tahun 2020 adalah minimalis atau sederhana. Peralatan yang kugunakan untuk membuat bujo ini juga sederhana saja dan kurasa mudah ditemukan di toko terdekat. Buku yang kupakai untuk jurnal ini berukuran A5 dengan isi bergaris. Warna kertasnya sendiri bukan putih bersih melainkan kekuningan. Oh, ya, jika ingin melihat proses pembuatan set-up ini dalam bentuk video, silakan klik di sini, ya. Aku telah bagikan proses pembuatannya di kanal youtube-ku.

 

#1 Cover/Sampul

Untuk sampul bagian dalam jurnal, aku buat simple berbentuk kotak dengan tepi garis yang tipis. Aku lengkapi sampul ini dengan hiasan stiker dekorasi tinggal tempel. Tulisan "Bullet Journal 2020" dan tulisan untuk judul-judul halaman lainnya aku buat di kertas krep cokelat lalu aku gunting.

#2 Calendar

Aku menggunakan dua halaman sekaligus untuk bagian calendar ini. Di bagian bawah setiap bulan, aku sisipkan ruang untuk menulis keterangan acara atau kegiatan terkait tanggal-tanggal tertentu di bulan tersebut.

 

#3 Goals

Alih-alih hanya membuat daftar Goals (target) apa saja yang ingin kucapai di tahun ini, aku menambahkan keterangan Why (mengapa itu perlu menjadi target) dan How (langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mencapainya). Dengan cara ini target tersebut terasa lebih jelas dan terarah.

 

#4 Highlight

Halaman ini berisi peristiwa penting atau momen yang tidak terlupakan yang dapat menjadi atau garis besar gambaran atau rangkuman kehidupanku di bulan tersebut. Nanti di waktu mendatang aku bisa kilas balik dengan mudah.

#5 Try something new

Bagian ini berisi daftar hal-hal yang baru aku coba di tahun ini. Aku tulis semua termasuk hal-hal receh sekalipun. Aku hanya menyediakan satu halaman saja untuk ini. Setelah setengah tahun berlalu, tampaknya aku butuh halaman tambahan.

 

#6 Kikioread/What I have read

Karena aku lumayan suka membaca maka aku membuat halaman ini yang berisi daftar buku yang telah kubaca selama tahun 2020 ini. Selain judul buku, aku lengkapi dengan rating untuk buku tersebut. Omong-omong klik di sini untuk mampir ke blog bukuku, hehe.

 

#7 Kikiowatched/What I have watched

Idenya mirip dengan halaman Kikioread. Di sini aku tuliskan judul-judul film yang telah kutonton di tahun ini beserta rating-nya. Aku telah menyiapkan dua halaman untuk bagian ini. Ternyata pandemi menyerang dan ya, begitulah. Mungkin sisa halamannya akan kugunakan untuk tambahan halaman Try something new.

#8 Kikiotrip

Awalnya judul halaman ini adalah Trip. Namun aku ganti biar terasa lebih personal. Isinya daftar tempat-tempat yang dikunjungi selama 2020. Ya, di sini aku juga salah perkiraan. Set-up ini dibuat sebelum aku tahu kalau corona will take over the world.

#9 Period Tracker

Cocok untuk ciwi-ciwi karena ini tracker tentang menstruasi gitu. Mencatat dalam bentuk jurnal seperti ini memang agak ribet. Kalau terasa sulit, lebih baik gunakan aplikasi digital. Atau kalau format yang kugunakan ini yang terasa ribet, bisa diganti dengan format yang lebih simple karena kita bebas mau berkreasi seperti apa dengan jurnal kita sendiri.

 

#10 Wishlist

Bagian ini berisi tentang daftar barang yang ingin kubeli. Ada yang sudah terwujud dan banyak yang belum, sih. #malahcurhat :D

#11 I Bought This

Halaman ini untuk daftar barang yang kubeli di tahun ini. Aku bagi dua kolomnya. Satu berdasarkan kebutuhan (needs). Satunya berdasarkan keinginan (wants).

#12 Money Graphic

Sebenarnya aku agak kurang nyaman dengan judulnya, cuma bingung sendiri mau diganti apa. Intinya halaman ini berisi grafik uang keluar dan uang yang berhasil disimpan selama 2020. Biar mudah nanti membaca grafik ini, aku buat dalam bentuk bulanan.

Penutup

Nah, itulah set-up untuk bullet journal tahun ini. Set-up ini mungkin tidak mirip dengan bullet journal kebanyakan karena aku cenderung membuatnya sesuai kebutuhanku. Set-up ini versi tahunannya. Nanti setiap bulan aku buat set-up baru yang memang khusus untuk bulanan. Kapan nanti, aku ingin bagikan set-up bulananku. Sekali lagi kalau mau lihat versi videonya, silakan intip kanal Youtube-ku dengan klik link berikut atau klik thumbnail di bawah ini #promoterooos :D

Comments

  1. pengen banget bikin journal dan kalau liat journal temen temen lucu lucu imut, tapi aku ga yakin apakah aku bisa mengisinya dengan rutin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba aja mba kalau ada waktu dan kesempatan. Aku sering bolos juga sih ngejurnal, haha. Tapi saat lihat jurnal yang ada jadi kangen. Lihat konten youtube ataupun gambar-gambar pinterest tentang jurnal bisa bikin ke-trigger lagi buat ngejurnal, :D

      Delete
  2. Halo, salam kenal Kak Rizki! Kebetulan aku juga suka jurnaling dan lagi nyari inspirasi untuk jurnal aku tahun besok. Dari awal 2020 aku udah punya jurnal, dan sama dong, aku juga punya page Places I Visited yang sekarang malah kosong melompong haha sedih juga ya:) Dan sebagian besar, set up bujo kita hampir sama nih kak haha. Kayaknya aku juga pingin coba bikin page highlights kayanya menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Anin. Salam kenal.
      Betul halaman Trip 2020 nyaris kosong (cuma terisi dua dan itu wisata dalam kota dikunjungi sebelum Maret). Bener2 gak kebaca kalau Corona bakal sedahsyat itu. Apa boleh buat, :)
      Silakan dicoba page highlights nya. Mudah2an cocok. Selamat ngejurnal ya.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tidaakk!!

Apa yang bisa dilakukan di Hago Farm

Pohon Sukun Meranggas