KONSEP BULLET JOURNAL 2024: LEBIH SAT-SET DAN SUPER MINIMALIS

Biasanya menjelang pergantian tahun, saya meluangkan waktu untuk memikirkan konsep bullet journal (bujo) seperti apa yang mau digunakan. Saya berusaha set up baik itu tema serta halaman apa saja yang akan dibuat.

Setelah ketemu dan merasa yakin, konsep tersebut mulai dicicil satu per satu. Dituangkan ke dalam notebook atau buku catatan yang digunakan. Meski hasilnya tidak selalu estetik, ada nilai usahanya.

Tahun ini adalah tahun paling simpel dan cepat untuk set up bujo yang pernah saya bikin. Konsep di kepala cuma dua hal, yang penting berfungsi dan sat set tidak pakai lama.

Bahkan tanpa penggaris dan ilustrasi ina inu! Garis yang tidak lurus, tulisan yang keriting dan kureng estetik, asal pake alat tulis apa saja yang nangkring di meja, anggap saja disitulah seninya, wkwk.

Bisa banget dibikin lebih rapi. Tapi butuh waktu dan energi yang lebih banyak. Sementara kedua hal tersebut telah saya alokasikan untuk mengurus diri sendiri dan keluarga. Kabar baiknya sejauh ini saya sendiri masih nyaman untuk mengisi bujo versi super dadakan ini, hehe.

Notebook yang Dipakai

Selain menyiapkan konsep, sebelum tahun berganti, saya juga suka ajak Ez untuk menemani saya belanja notebook yang bakal digunakan. Jika kurang puas, maka saya bakal menelusuri toko daring untuk mencari notebook mana yang cocok baik bentuk, warna hingga harga.

Untuk tahun ini saya memilih untuk gunakan notebook yang sudah ada saja. Khususnya yang isinya baru dipakai sedikit.

Saya merasa bersalah melihat notebook yang terbengkalai ini. Terbersit pula niat untuk mulai pakai sampai habis barang-barang yang dipunya sehingga tidak mubazir atau pun menumpuk.

Notebook ini awalnya dibeli untuk Eriz. Saya pengen bikin jurnal kehamilan serta rekaman tumbuh kembang anak. Ternyata tidak berjalan mulus.

Apalagi setelah lahiran. Wah,ada saja hal yang lebih menyita perhatian. Mama pun lebih memilih untuk tidur ketika ada waktu luang daripada menulis jurnal, wkwk.

Daripada sia-sia, akhirnya di tahun 2024 ini (ketika sudah mulai bisa bernafas), saya gunakan saja notebook ini kembali. Sudah terpakai beberapa halaman di bagian depan. Tidak masalah.

Notebook ini punya sampul warna merah hati berbahan kain. Tekstur kertasnya tidak halus mulus tapi ketebalannya lumayan. Tidak tembus pandang saat pakai pena dengan tipe tinta yang meluber gitu.

Halamannya bentuk dot (titik-titik). Ini bikin mudah kalau mau membuat kotak tanpa penggaris. Terlihat lebih estetik juga kalau di foto sebab garis pembatas ruang untuk menulis tidak kentara.

Notebook ini dilengkapi karet di sampul belakang. Bikin jurnal ini tertutup rapat saat tidak digunakan. Merknya Fawn & Luna. Salah satu brand yang sudah lama pengen saya coba produknya. Alhamdulillah kesampaian.

Bujo Set Up 2024 Versi Minimalis

Ada ±10 macam judul halaman buat jurnal kali ini. Dimulai dari cover sampai bagian halaman bulanannya. Berikut saya coba ceritakan satu per satu.

1| Cover atau Sampul

Cover sebagai penanda awal bujo sekaligus pemisah karena saya menggunakan notebook bekas pakai. Biasanya coba bikin se-estetik yang saya bisa. Tahun ini mencoba lebih sederhana dan cepat. Cover tahun ini cuma berupa angka 2024 doank! Ditulis besar dengan pena lalu diberi hiasan motif biar tampak lebih tebal.

2| Major Highlights

Satu momen yang paling berkesan yang terjadi di setiap bulan dicatat di bagian ini. Di bujo tahun-tahun sebelumnya juga ada. Bedanya versi 2024 lebih minim ruang. Tidak menghabiskan sampai satu atau dua halaman penuh. Sebab saya cuma mau bikin dalam bentuk tulisan. Tanpa dilengkapi gambar atau foto. Jadi diperkirakan setengah halaman saja cukup. Well, let’s see then.

3| Try Something New

Isinya berupa daftar hal/kegiatan yang baru pertama kali dicoba di 2024. Bisa apapun. Ruang halaman yang saya kasih untuk bagian ini juga minim. Kalau misalnya nanti tidak cukup, tidak apa-apa. Tinggal tambahkan saja di halaman lain yang kosong.

4| Eat Something New

Bener gak ini ya English-nya? Wkwk. Ini daftar makanan yang baru pertama kali dicoba di 2024. Bisa apapun dan sederhana tahu goreng misalnya. Yang penting makanan tersebut baru pertama kali sampai di lidah saya. Space untuk bagian ini juga minim. Soalnya saya juga khawatir lupa untuk mencatat. Masih belajar untuk sadar apa yang dikonsumsi, hehe.

5| Some Plans

Bagian ini berisi daftar rencana serta target yang ingin dicapai di tahun ini. Tahun lalu juga ada tapi masih belum spesifik batas waktunya. Setahun itu kan sebenarnya lumayan lama ya. Jadi kali ini saya eksperimen dengan membaginya dalam quarter (jadi per tiga bulan).

6| To Do (Self Love)

Bagian khusus untuk diri sendiri. Isinya berupa pengingat apa saja yang mau dikerjakan dalam rangka self-improvement dan self-love. Setelah menjadi Mama saya mulai sadar bahwa diri ini juga butuh diperhatikan.

7| Homeworks (Love of My Life)

Ini ruang buat hal-hal apa saja yang harus diperhatikan terkait dengan tumbuh kembang anak. Mulai dari kesehatan tubuh, mental dan sosial. Hingga catatan kecil lainnya seperti waktunya ganti sikat gigi.

8| Monthly Page

Fungsinya sebagai penanda awal bulan sekaligus rangkuman singkat apa saja yang terjadi di bulan tersebut. Biasanya saya bikin dalam bentuk kotak sesuai jumlah hari per bulan. Konsep tersebut tidak lagi bisa dipakai sebab menghabiskan lebih banyak waktu untuk membuat dan mengisinya

Monthly page ini terbagi jadi tiga kolom antara lain Target (apa saja hal spesifik yang ingin dicapai dalam bulan tersebut), Highlights (kejadian apapun yang mengesankan selama di bulan tersebut), Schedule (agenda bulanan dibikin dalam bentuk nomor/tanggal misalnya resepsi si A, ultah si B, dst)

9| Cash Flow

Yup, maksudnya catatan keuangan bulanan. Sebenarnya sudah banyak aplikasi menarik yang bisa diunduh. Mencatat lebih mudah dan cepat dengan hape. Namun saya pribadi masih doyan bikin catatan keuangan seperti ini di buku. Khususnya catatan pengeluaran per bulan sih.

10| Daily Life

Bagian jurnal sehari-hari mulai dari mood, kesehatan, asupan makanan, serta cerita apa yang terjadi di hari itu. Termasuk pula apa yang dirasakan dan uneg-uneg serta inspirasi apapun yang melintas di kepala.

Set-Up Bujo 2024 Sudah Beres!

Gak nyangka ternyata pas banget ada 10 jenis halaman tahunan dan bulanan untuk bujo tahun ini. Angkanya terlihat cantik aja gitu, wkwk.

Belum tahu bagaimana kedepannya. Semoga bisa rutin diisi biar buku catatan yang sudah terpakai ini tidak mubazir. Terutama energi dan waktu yang dihabiskan untuk bikin bujo (atau bisa juga saya bilang jurnal tahunan) ini tidak sia-sia.

Comments

Popular posts from this blog

Tidaakk!!

Apa yang bisa dilakukan di Hago Farm

Pohon Sukun Meranggas