5 Judul Anime Rekomendasi Tontonan selama Pandemi

Pandemi Covid 19 menyebabkan banyak perubahan mendadak di setiap bidang kehidupan. Tidak hanya mengenai pekerjaan yang imbasnya pada kebutuhan sehari-hari, namun juga hingga bidang hiburan. Katakanlah, salah satu contohnya industri film. Aku dan suami termasuk penggemar film. Sebelum pandemi, kami sering menyempatkan diri di akhir pekan misalnya, pergi ke bioskop dan menikmati tayangan film yang disukai. Semenjak pandemi ini berlangsung, pergi ke bioskop otomatis dihentikan. Bioskop sendiri pun sudah tidak buka sejak Maret lalu. Ada kabar akan kembali dibuka pada akhir Juli kemarin, namun sepertinya masih urung. Ya, apa boleh buat. Demi kesehatan dan kebaikan bersama.

sumber unsplash

Meski tidak mendapatkan kenyamanan dan khas yang sama, kami pun memanfaatkan opsi hiburan lain. Alternatif hiburan pengganti yang paling sering kami pilih adalah anime. Kebetulan kami berdua penyuka anime.

“Anime adalah animasi dari Jepang yang digambar dengan tangan maupun menggunakan teknologi komputer. Kata anime merupakan singkatan dari “animation” dalam bahasa Inggris, yang merujuk pada semua jenis animasi.” - WIkipedia

Apakah pembaca di sini suka menonton anime juga? Kalaupun tidak, aku tetap bagikan beberapa judul anime yang telah kami tonton selama pandemi ini beserta sinopsis singkatnya. Mana tahu ada yang jadi penasaran, hehe. Selamat menikmati.

Ansatsu Kyoshitsu / Assassination Classroom

Kelas 3E dikucilkan karena para siswanya tidak mendapatkan nilai akademi yang tinggi. Suatu hari kelas ini kedatangan seorang guru berwujud gurita yang memiliki kecepatan hingga 20 mach (dan beragam keahlian luar biasa lainnya). Guru ini diberi julukan Korosensei, mengancam akan menghancurkan dunia dalam setahun jika tidak ada yang dapat membunuhnya. Pemerintah pun kebingungan karena baik tentara maupun pembunuh terlatih hingga teknologi secanggih apapun tidak ada yang mampu menghancurkan Korosensei.
Uniknya, Korosensei memutuskan untuk mengajar siswa kelas 3E. Dia mengajar semua mata pelajaran termasuk pelajaran untuk membunuhnya. Pemerintah meminta sekolah merahasiakan soal Korosensei sekaligus meminta anak-anak kelas 3E untuk mencari kesempatan membunuh sang Guru sebelum tenggat waktunya tiba.
Sekilas sinopsis ceritanya tidak masuk akal. Namun tidak perlu lama-lama bingung. Langsung tonton saja anime ini. Tidak ada moral yang benar-benar dilanggar. Justeru dari anime ini, penonton akan tergugah dengan cara Korosensei mengajar kelas 3E (yang tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan melainkan sekaligus memperbaiki mental setiap siswa). Selain itu, adegan di episode terakhirnya bikin mewek (aku, sih, gitu, hiks). 

Sakamoto Desu Ga? / Haven’t you heard? I’m Sakamoto

Anime ini bercerita tentang Sakamoto, pelajar SMA kelas 1-2. Sakamoto ini unik sekali anaknya. Dia selalu bisa tampil “keren” di setiap situasi. Baik itu ketika belajar di kelas, ketika di-bully teman-temannyaa, hingga ketika ditaksir oleh anak perempuan di kelasnya. Dia selalu saja punya jurus-jurus aneh untuk menghadapi situasi seperti itu dan anime ini bikin ngakak. Episode animenya sedikit dan pendek-pendek jadi terasa ringan. Aku tidak dapat menjelaskan panjang lebar. Langsung tonton saja keajaiban si Sakamoto, hehe.

Saiki Kusuo No Sai Nan / The Disaster Life of Psi Kusuo Saiki

Jangan bosan, ya. Anime yang ini juga tentang anak sekolahan, hehe. Tokoh utamanya Saiki Kusuo siswa kelas dua SMA. Saiki tampak sama seperti siswa lainnya, tapi sebenarnya tidak. Dia terlahir memiliki kekuatan cenayang seperti telekinesis, teleportasi, kemampuan membaca pikiran, menjadi transparan, dll. Dia berusaha keras menyembunyikan kekuatannya dari semua orang. Hanya keluarganya saja yang mengetahui kekuatan Saiki.
Eits, jangan berpikir kisah anime ini akan serius seperti adanya ancaman dari para villain (penjahat) dengan kekuatan super yang sama atau pun Saiki melakukan misi-misi seperti pahlawan super yang harus melawan musuh  agar kehidupan dan kedamaian di dunia tidak terancam. Kisah anime ini super ringan dan ini tentang keseharian hidup Saiki sendiri.
Hal yang menarik dari anime ini adalah para tokoh di dalamnya. Karakter Saiki sendiri hingga karakter teman-temannya, kedua orangtuanya, kakaknya, dst pada lucu dan aneh. Intinya, anime tentang kekuatan super ini sangat anti-mainstream. Tidak membosankan dan bakal bikin kamu tertawa. Cobalah.

Magi: Adventure of Sinbad

Ada yang pernah mendengar nama Sinbad si Penguasa Tujuh Lautan? Aku pernah mendengarnya sewaktu SD dulu. Nah, yang kali ini ditonton adalah versi animenya. Tentu ada banyak versi cerita mengenai Sinbad. Versi yang kami tonton ini merupakan spin off dari anime Magi – The Labyrinth of Magic bercerita tentang riwayat hidup Sinbad dan tentang kisahnya menaklukan jin penghuni Dungeon untuk mendapatkan Kekuatan Raja. Sinbad lalu melakukan perjalanan menjalin kesepakatan perdagangan ke berbagai pelosok negeri yang keuntungannya akan dia jadikan modal membangun kerajaan sendiri. Sebuah kisah yang menarik. Namun sayangnya, ternyata anime yang ini tidak menampilkan semuanya. Aku berharap dapat mengetahui bagaimana Sinbad menaklukan tujuh Dungeon serta merekrut teman-temannya. Ternyata hanya dua Dungeon saja dan beberapa teman dekat. Tidak tahu juga mengapa bisa seperti itu. *aku kecewa karena harapan yang dibuat sendiri, huhu.

Sodo Ato Onrain / Sword Art Online (SAO)

Sebuah perusahaan game raksasa menawarkan sensasi baru bermain video game. Dengan peralatan yang super canggih (termasuk perangkat helm yang kemudian menjadi masalah itu), kesadaran para pemain dapat tersedot masuk langsung ke dunia game tersebut. Tampilannya sudah lebih dari VR (Virtual Reality). Yang jadi masalah, salah seorang pengembang game melakukan hal yang membahayakan. Para pemain yang telah masuk ke game bernama Sword Art Online ini, tidak akan bisa keluar atau log out dari sana jika bos besar atau bos terakhir di dalam game tidak terbunuh. Lebih celaka lagi, jika pemain terbunuh di SAO, maka mereka pun akan terbunuh juga di dunia nyata. Ugh, terasa menyeramkan dan serius, ya. Anime ini terdiri dari dua season. Aku hanya mampu menonton season pertama saja. Alasannya beberapa episode season dua yang kutonton itu, alurnya terasa lambat. Aku yang tidak sabaran, hehe.

Nah, itulah lima rekomendasi anime dariku sebagai alternatif hiburan selama pandemi. Boleh jadi ada banyak pro dan kontra soal menonton anime. Atau banyak yang mengatakan kalau anime itu cuma untuk anak kecil. Setiap orang bebas berpendapat. Pastinya, aku dan suami dapat terhibur ketika menonton anime. Semoga kita semua sehat selalu dan pandemi ini segera berlalu.

Comments

  1. aku udah ga apdet lagi soal anime mbak
    tapi kalau doraemon atau conan masih mengikuti hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mantap mba. Udah lama banget kan kedua anime itu. Conan kalau gak salah sampai sekarang masih kecil aja kan mba, haha. Atau sudah ada perkembangan terbaru dari kasusnya dengan komplotan penjahat jubah hitam. Aku gak terlalu ngikutin. Tapi kasus-kasus misteri di Conan itu menarik banget. :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tidaakk!!

Apa yang bisa dilakukan di Hago Farm

Pohon Sukun Meranggas