Thursday, 1 May 2014

Tes Kepribadian iPersonic

Sebenernya aku sudah tahu tentang tes kepribadian ini sejak sebulanan yang lalu. Sudah ada sekitar empat atau lima teman Facebook yang menggunakan aplikasi ini untuk tahu tipe kepribadian mereka. 

gambar diambil dari sini

Personality test yang ini cukup mudah dan hanya butuh sekitar 5 menit untuk menyelesaikannya sekaligus melihat hasilnya. Tes ini bersifat online, jadi kamu harus aktif tentunya. Cara untuk ikutan tes ini cukup mudah juga. Tinggal masuk ke situs resminya iPersonic.com (versi bahasa Inggris) atau iPersonic.net/id (versi bahasa Indonesia). Kalau masih bingung juga, tinggal search di Google dengan kata kunci: iPersonic.

Setelah masuk ke situsnya, kamu bisa memulai tes-nya. Ada dua pertanyaan di setiap langkah yang ada. Pertanyaan tersebut mengarahkan kita untuk mencoba mengenal diri kita lebih jauh. Jadi, hasil tes ini, menurut pendapatku, tergantung kepada seberapa jauh kita mengenal diri kita sendiri. Bagaimana refleksi kita terhadap diri kita sendiri, itulah yang akan menjadi hasil dari kuis ini.

Sedikit informasi tambahan, siapa pun bisa ikut tes ini tanpa perlu submit biodata atau registrasi. Selagi internet kamu lancar terkendali, kamu bisa ikutan. So, begitu juga waktu untuk ikut tes ini fleksibel banget. Terserah kapan kamu bisa. Oh ya, jika kamu mau, hasil tes kamu bisa di-share ke timeline Facebook kamu.

Oke, aku juga sudah ikutan tes. Well, ternyata I got this type: Idealis Penyelaras. Haha, berikut jabarannya:

Tipe Idealis Penyelaras dikenali dari kepribadiannya yang kompleks dan memiliki begitu banyak pemikiran dan perasaan. Mereka orang-orang yang pada dasarnya bersifat hangat dan penuh pengertian. Tipe Idealis Penyelaras berharap banyak pada diri mereka sendiri dan orang lain. Mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang sifat-sifat manusia dan seringnya menilai karakter dengan sangat baik. Namun mereka lebih sering menyimpan perasaan dan hanya mencurahkan pemikiran serta perasaan mereka kepada sedikit orang yang mereka percaya. Mereka sangat terluka jika ditolak atau dikritik. Tipe Idealis Penyelaras menganggap konflik sebagai situasi yang tidak menyenangkan dan lebih menyukai hubungan harmonis. Namun demikian, jika pencapaian sebuah target tertentu sangat penting bagi mereka, mereka dapat dengan berani mengerahkan seluruh tekad mereka hingga cenderung keras kepala.

Tipe Idealis Penyelaras memiliki fantasi yang hidup, intuisi yang nyaris seperti mampu membaca masa depan, dan seringkali sangat kreatif. Begitu berkutat dengan sebuah proyek, mereka melakukan segala daya upaya untuk mencapai tujuan-tujuan mereka. Dalam kehidupan sehari-hari, mereka sering membuktikan diri sebagai pemecah masalah ulung. Mereka suka mendalami hingga ke akar permasalahan dan memiliki sifat ingin tahu alamiah serta haus akan pengetahuan. Pada saat bersamaan, mereka berorientasi praktis, terorganisir dengan baik, dan siap menangani situasi-situasi rumit dengan cara terstruktur dan pertimbangan matang. Ketika mereka berkonsentrasi pada sesuatu, mereka melakukannya dengan seratus persen – mereka sering begitu terbenam dalam sebuah pekerjaan sehingga melupakan hal lain di sekitar mereka. Itulah rahasia kesuksesan profesional mereka yang seringkali gilang gemilang.

Sebagai pasangan, tipe Idealis Penyelaras setia dan dapat diandalkan; hubungan permanen sangat penting bagi mereka. Mereka jarang jatuh cinta hingga mabuk kepayang dan juga tidak menyukai hubungan-hubungan asmara singkat. Kadang-kadang mereka sulit menunjukkan rasa sayang mereka dengan jelas sekalipun perasaan mereka dalam dan tulus. Dalam hal lingkaran pertemanan, semboyan mereka adalah: sedikit berarti lebih banyak! Sejauh menyangkut kenalan baru, mereka hanya dapat didekati hingga jarak tertentu; mereka lebih suka mencurahkan tenaga ke dalam pertemanan akrab yang jumlahnya sedikit. Tuntutan mereka kepada teman dan pasangan mereka sangat tinggi. Karena mereka tidak menyukai konflik, mereka akan diam sejenak sebelum menyuarakan masalah-masalah yang tidak memuaskan dan, ketika melakukannya, mereka berusaha sangat keras untuk tidak menyakiti siapa pun karenanya.

Kalau mau dikasih penilaian, tes kepribadian ini cukup menarik. Hasilnya pun bisa dibaca dengan Bahasa Indonesia. But, jika kamu tertarik dengan personality tes lainnya yang hasilnya lebih kompleks dan kali ini menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar, kamu tinggal klik di sini: 16.personalities. Kalau kamu masih bingung itu tes kepribadiannya gimana, baca dulu pengantarnya di sini. 

Well, akurat atau tidaknya hasil tes ini, gak aku tanggung. Kalau nanti hasil tes-nya sudah keluar, silakan kalian diskusi sama diri kalian sendiri tentang kebenaran hasilnya itu. Jika kalian tertarik, aku ucapin, met mencoba aja deh..hehe, :D

No comments:

Post a Comment