Pandoraque

Yep, blog Pandoraque ini sudah dimulai sejak 2012 atau sekitar lima tahun yang lalu. Saat itu aku masih belajar mendalami dunia blog. Pandoraque sendiri dibuat dengan konsep majalah yang merangkum atau bercerita tentang hal-hal yang kuanggap menarik yang terjadi di hidupku. Saat itu blog ini masih begitu sederhana. Dan mungkin sekarang pun masih sederhana karena bahkan di tahun ini saat usianya sudah masuk lima tahunan, aku baru melengkapinya dengan halaman tambahan berisi informasi seperti ini yang menghiasi bagian bawah header

Awalnya ada banyak sekalj yang ingin kubagikan. Tidak ada niche yang spesifik. Aku mencoba bercerita tentang beragam hal. Ada banyak label yang kugunakan. Hingga akhirnya aku kesulitan sendiri menentukan niche yang Pandoraque miliki. Namun lambat laun, aku mulai membuat beberapa blog lain yang lebih spesifik. Kisah-kisah yang kubagikan di Pandoraque juga kubatasi karena belakangan aku baru sadar jika ada hal-hal yang (meski simple) sebaiknya tidak di share,  haha. Jadi jika kalian menemukan sesuatu seperti itu ketika stalking blog ini, ya, abaikan. Apalagi jika ada cerita tentang masa-masa alayku itu, haha. Hey, setiap anak manusia pasti pernah mengalami masa itu. #ngeles


Hai! Selamat Datang!!

Selanjutnya, mengapa blog ini diberi nama Pandoraque? Well, alkisah dulu malah namanya Pandora Bagque. Hahha #alay. Anyway, aku memilih nama Pandora karena aku menganggap blog ini seperti suatu kotak yang penuh kejutan. Aku yakin setiap hidup yang manusia jalani pasti berisi kejutan pun begitu dengan masa depan atau hari esok adalah misteri atau kejutan yang paling dekat dengan diri kita. Jadilah kupilih menyebutnya “Pandora”. Jadi jangan beranggapan Pandora itu kotak setan berisi penyakit, ya, haha. Ini kota ajaib yang berisi beragam kisah tentang hidupku. 

Sejalan pula dengan kata Bag disitu yang kuartikan sebagai kntong atau wadah. Jadi Bag atau wadah tempat menampung kisah-kisah menarik yang (saat itu) aku putuskan untuk bagi di dunia virtual ini. Nah, nama Bag atau wadah itu adalah Pandora tadi. Haha. Ada yang merasa aneh gak dengan penjelasanku? 

Lalu bagaimana dengan Que? Hahha itu biar asyique ajah. Waktu itu aku sering melihat kata Que berseliweran. Que juga menggunakan huruf Q yang bisa sebagai perwakilan namaku (baca: ki). Selain itu Que disitu juga dimaksudkan sebagai kepelimikan (baca: ku). Jadi jangan bawa-bawa padanan kata Que a la Spanish, ya. Haha, aku saja belum tahu apa artinya que jika dalam bahasa itu. 

Nah, sebelum aku menutup kisah ini, aku akan sedikit cerita tentang label-label yang ada di blog ini. Setelah mengalami revisi baik dari segi nama blog hingga konten, total aku memilih sepuluh lebih sedikit label yang akan terus ku-update setiap bulannya. Masing-masing label memiliki jatah satu post per bulan. Jadi total bisa ada 10-11 postingan yang kupost untuk blog ini (rencananya). Kalau lagi malas, tidak ada waktu, tidak ada ide, ataupun berhalangan maka boleh jadi jumlah posting per bulannya akan di bawah jumlah tersebut. Baiklah berikut label- label nya:

Animal: Label ini berkisah tentang pengalaman, cerita, dan persepsiku terhadap hewan- hewan yang kulihat, kuamati, atau sekedar mengundang rasa penasaranku. Jenis hewannya random dan tidak terbatas namun tentu mereka semua real alias bukan fiksi, hehe. 

Book: Awalnya aku menggunakan label ini untuk menandai postingan berupa review dari buku-buku yang telah kubaca. Pada perkembangannya aku memutuskan membuat blog lain dengan niche seputar buku dan menampung semua tulisan tentang benda segi empat tercinta itu di sana. Nama blognya Bukulova. Yuk, mari main ke Bukulova. Btw, label ini tetap kupertahankan dengan cara memuat rekapan buku-buku yang sudah kubaca per bulan atau pertiga bulan dst. Sekalian sebagai sarana promosi untuk blog bukuku juga, sih, hehe.

Movie: Dulu pernah aku mencoba membuat ringkasan dari film-film yang telah kutonton di sebuah buku. Seiring perkembangan dunia virtual yang meningkat tajam ini, aku menampilkannya di blog ini. Selain ringkasan ceritanya aku coba memasukkan unsur review di sana seperti kelebihan, kekurangan, dan opini pribadiku terhadap film tersebut. Aku memang tidak mendalami dunia film. Oleh karena itu review film yang kupost ini masih amateur levelnya.

Dream: Whoa, magical, gak kedengerannya? Label ini tercipta karena ada beberapa fase dihidupku yang dipenuhi dengan mimpi. Yep, literally mimpi. Bukan berupa konsep yang absurd. Ini benar-benar berisi tentang aneka mimpi yang hadir saat aku tidur dan masih dapat kuingat ketika aku bangun. Inti kisahnya memang semacam fiksi. 

Flashback: Dulu aku pernah memiliki label Personal di blog ini. Isinya berupa kisah-kisah yang melibatkan diriku beserta persepsi yang lebih pribadi tentang hidup dsb. Lambat laun aku menyadari jika aku perlu membatasi hal-hal yang kuceritakan. Oleh karena itu aku membuat label ini. Kisah yang akan diposting dibawah label ini memang pribadi namun kususahakan punya nilai yang mencerahkan. Usahakan itu maksudnya bukan aku karang atau tambah-tambahkan namun lebih dalam proses pemilihan cerita yang layak untuk ditulis dan dibagi. Yea, seperti itu. Cek langsung aja, ya, biar lebih oke. 

MFF&Fiction: Aku tertarik dengan flash fiction dan memutuskan untuk bergabung dengan komunitas Monday Flash Fiction yang merupakan komunitas blogger fiksi. Kegiatannya ada beranekaragam. Dan karena aku telah memutuskan membuat blog dengan niche khusus fiksi (bernama Kikiographs)  jadi besar kemungkinan kisah dibawah label ini berupa rangkuman kisah-kisah fiksi yang kuhasilkan selama (misalnya) sebulan atau dua bulan aktif di komunitas tersebut. Selain itu juga media promosi untuk karya fiksi yang kuhasilkan secara mandiri (diluar komunitas tersebut). Setiap postingannya nanti tentu akan kutautkan dengan link ke blog Kikiographs itu supaya kalian bisa ikut main ke sana, hahha. Sudah terlalu lama aku absen dari menulis fiksi, ya, semoga bisa rutin nulis fiction prompt seperti sebelumnya. 

Road: Well, aku suka berkendara terutama bawa motor. Ketika di jalan ada banyak hal yang bisa diamati dan ada banyak kejadian yang kulihat yang sayang jika tidak dibagikan. Oleh karena itu aku mencoba menuliskannya dan meletakkannya di bawah label ini. Semoga aku bisa berbagi hal-hal yang bermanfaat atau setidaknya berupa kabar baik atau hiburan buat pembaca semua. Yeah! 

Prompt: Aha! Label ini sengaja kubuat dengan tujuan mengenal diri sendiri. Jadi aku menemukan daftar 52 prompt yang bisa dijadikan jurnal tahunan. Setiap poin dari daftar tersebut berisi pertanyaan yang bersifat pribadi namun masih oke untuk dijawab. Penggagasnya juga seorang blogger yang tautannya bisa kalian cek di gambar atau link khusus yang kusertakan di setiap postingannya nanti. Mungkin jika nanti aku berhasil menyelesaikan daftar ini, aku akan mencari daftar prompt lainnya berisikan poin yang berbeda tentunya. Namun bisa juga aku memulai dengan prompt yang baru. Masih belum kuputuskan, sih, hehe. Mau ikutan nulis jurnal prompt juga? Yuk mari. 

Info: Aku lumayan tertarik dengan perkembangan dunia. Aku suka membaca beragam info menarik yang berseliweran di internet. Ada tentang alam, sosial, budaya, politik dsb. Ya walaupun sering lelah juga karena ada terlalu banyak info negatif alias berita-berita buruk apalagi hoax yang didapat. Sebisa mungkin aku akan membagikan info yang menarik yang layak diketahui. Mungkin akan ada info negatifnya namun tujuanku tetap untuk berbagi agar kita sama-sama tahu, sama-sama paham dan mungkin bisa jadi pencerahan di hidup kalian #eaaa #apaansih #hahaha.

Lomba: Nah siapa yang GA hunter disini? Haha aku sebenarnya lumayan suka ikut GA atau lomba nulis meski cukup kesulitan jika diminta menulis hal-hal serius dan sedikit malas menulis review produk yang jadi tema GA jika aku memang tidak merasakan manfaat atau menggunakan produk tersebut. Intinya masih memilih dalam memutuskan ikut lomba nulis atau pun GA apa gitu. Kadang syarat-syaratnya juga lumayan memberatkanku, misalnya. Haha semoga akunya tidak malas dan kembali aktif menjadi GA hunter. 

People: Ada ungkapan (yang kira-kira berisi) jika orang-orang yang kita temui dapat menjadi guru atau dapat menjadi pelajaran untuk kita menjalani hidup. Dan kebanyakan mereka adalah keduanya. Sebagai makhluk sosial yang berinteraksi dengan manusia lainnya di dunia nyata, aku mencoba menuliskan beberapa peristiwa atau hal-hal menonjol yang kutemui dalam diri orang-orang tersebut. Bisa berupa kepribadiannya ataupun potongan peritiwa mereka yang kudengar atau malah hanya berupa persepsiku terhadap beberapa macam orang. Intinya ini bukan label ghibah. Aku membuat label ini dengan tujuan agar diri ini ingat dan belajar untuk berhati-hati melangkah di hidup ini. Aku mencoba menggali dan mengambil hikmah dari apa yang terjadi terhadap mereka dan menuangkannya di sini. 

Product: Well, yea, aku lumayan suka nyemil. Nah, melalui label ini aku mau mencoba bercerita tentang produk makanan atau cemilan yang kucoba. Namun mungkin pada perkembangannya nanti aku tidak ingin membatasinya hanya dari sisi makanan saja. Mungkin aku akan mencoba bercerita tentang produk elektronik, produk kecantikan dsb. Kesamaan dari semua produk yang kuceritakan tersebut adalah kesukaanku dan nilai plus yang kupunya terhadap produk tersebut. Termasuk jika produk itu dapat membuatku terkesan.

Trip: Awalnya label ini bernama Travelling. Hanya ada 3 kisah di dalamnya. Haha kelihatan kalau aku masih jarang jalan-jalan, ya. Yang jelas aku akhirnya memutuskan untuk mengubah namanya menjadi trip. Kesannya lebih simple, asik, dan pas. Mungkin nanti kebanyakan kisah yang diposting di bawah label ini sifatnya bersambung atau berseri meski tidak menutup kemungkinan untuk one shot story too

Kuliner: Mungkin label ini masih berbau makanan seperti label produk di atas. Mungkin yang menjadi pembeda, di label ini aku akan membatasinya dengan menulis review tempat makan dan kuliner yang kunikmati di tempat tersebut.  Sejauh ini aku tidak masalah mencoba makanan baru selagi itu masih masuk kategori halal dan wajar. Haha, ya meski nilai wajarnya masih relatif dan dipengaruhi berbagai faktor. Mungkin label ini bisa menjadi rujukan bagi kalian yang ingin mencoba makan dan mencoba menu yang sama denganku. Pastinya aku hanya ingin berbagi dan mendokumentasikan perjalanan kulinerku #halah di sini. 

Oke, itulah rincian ketigabelas label yang kubuat untuk blog Pandoraque versi 2017. Ternyata sudah sepanjang ini ocehanku. Terimakasih untuk yang telah menyempatkan waktunya membaca hingga ke baris ini. 

Lebih lanjut aku akan mencoba update kisah-kisah disini setiap hari Senin. Boleh jadi hanya satu postingan baru atau paling banyak sepertinya dua postingan baru atau bisa juga lebih, sih. Jika kalian ingin berkenalan atau menambah kawan via sosmed, silakan klik link berikut. Dan tentunya silakan menuliskan komentar kalian karena secepat mungkin akan kubalas dan kukunjungi balik. Salam kenal semuanya. Terus mampir kemari ya. :D

No comments:

Post a Comment