Thursday, 25 June 2015

Pertanyaan dan Jawaban

Bertanyalah dan boleh jadi kamu akan mendapatkan jawabannya.
  
Fellas, aku akan bercerita hal ini berdasarkan pengalaman pribadiku. Ketika menyimak kalimat di atas, mungkin akan terkesan: ah masa? Namun itu terjadi kepadaku dan mungkin juga kepada teman-teman semua. Kita bisa mengajukan pertanyaan kepada alam, membiarkan pertanyaan tersebut mengudara. Dan ketika kita mencoba untuk lebih teliti, alam, dengan izin Tuhan, memberikan kita jawaban dengan cara yang halus, mulus, dan seringnya tidak terduga.

Sebagai contoh, suatu kali aku melihat salah satu kucing yang sering main ke rumahku, menjulurkan lidahnya. Iya, lidahnya yang kecil itu terjulur keluar. Namun tidak seperti hewan Anjing. Lidah yang terjulur itu pendek dan seolah-olah si kucing seperti menjulurkan lidahnya. Adakah yang tahu mengapa si Kucing bertingkah seperti itu?

gambar diambil dari sini

Well, aku pun merasa ingin tahu dan mulai bertanya mengapa bisa seperti itu. Awalnya aku menduga mungkin kucing itu sakit. Aku juga menduga tidak semua kucing seperti itu, terutama kucing yang sehat. Namun saat itu aku sendirian. Dan tidak ada orang disekitar yang bisa kutanyai perihal penyebabnya. Namun aku bertanya lalu aku biarkan rasa penasaranku mengalir sembari tetap berharap agar menemukan jawabannya.

Hingga suatu hari, tak beberapa lama dari merasa penasaran itu, aku main ke situs 9Gag. Ya, situs meme yang gokil asik buat santai, hehe. Di situs itu ada yang memposting foto kucingnya dengan lidah terjulur. Ini aku save foto tersebut ke handphone-ku. Inilah gambar yang kulihat waktu itu.

Aku pun segera ke bagian komentar. Ada banyak sekali yang telah berkomentar mengenai gambar tersebut. Dan ya, bisa ditebak, ada beberapa komentar yang menjelaskan mengapa kucing berperilaku demikian.

Salah satu penjelasannya adalah si kucing tersebut boleh jadi sedang kelelahan. Dan dia menjulurkan lidahnya sedikit sebagai caranya untuk mengeluarkan cairan berlebih dari tubuhnya. Simpelnya, ternyata kucing tidak bisa berkeringat atau mengeluarkan keringat dari kulitnya. Oleh karena itu, dia melakukan hal ini sebagai upaya untuk menstabilkan suhu tubuhnya.

Ya, aku memang belum meng-cross-check kebenaran jawaban tersebut. Namun kuyakin, 9Gag ramai dikunjungi oleh orang-orang dengan berbagai level. Dan ada beberapa yang memiliki pendapat yang sama seperti itu. Namun inti dari semua ini, fellas, rasa penasaranku terjawab.

Kebetulan? Kurasa tidak.

Well, ada satu contoh kasus lagi. Ini terjadi beberapa minggu yang lalu. Malam hari, ketika hendak beranjak tidur, otakku tiba-tiba teringat dengan salah satu jajanan sewaktu SD dulu. Aku saat itu lupa namanya, namun otakku bisa menggambarkan bentuk dan rasanya dengan cukup jelas. Bentuknya panjang seperti benang. Sedikit kasar namun rasanya manis. Warnanya pirang dan memakannya bikin hati senang. Akh, rasanya ingin sekali aku segera tahu, apa nama makanan tersebut. Aku ingin membeli dan makan jajanan itu lagi.

Ya, saat itu aku sempat mencoba googling. Namun bingung sendiri karena kata kunci yang kumasukkan tidak pas. Dan, waktu pun semakin larut. Aku pun menyerah dan lalu bertanya. Lalu membiarkan rasa penasaran itu mengalir direngkuh malam

Tak lama, sekitar seminggu kemudian, aku berbaring di atas tempat tidur. Di hadapanku, layar handphone-ku menyala. Aku sedang mengecek akun Instagram-ku. Ya, ya, ini bukan kebiasaan baik. Main hape sambil tiduran, hehe. Tapi aku terus saja seperti itu, hyuh.

Oh oke, balik ke inti cerita. Aku terus scrolling di beranda Instagram-ku (katakanlah demikian). Lalu tiba-tiba mataku sampai pada sebuah gambar. Ya, ini gambar terasa familiar sekali. Ya Allah, ini gambar jajanan yang bikin aku kangen masa SD sekaligus bikin penasaran karena lupa bagaimana menyebut nama jajanan tersebut.

Fellas, ternyata namanya adalah Harum Manis. Dan karena teksturnya kasar, di Instagram bilang itu namanya Harum Manis Rambut Nenek. Dan akun yang memposting foto tersebut di Instagram adalah akun yang menjual jajanan tersebut. Oh my…

Kebetulan? Kurasa tidak.

Fellas, kedua cerita di atas hanya sedikit contoh dari fenomena yang kusebutkan di atas tadi. Sebelumnya, aku sudah pernah mengalami lebih banyak dari itu. Ya, hanya saja aku tidak mencatatnya atau mencoba mengingatnya dengan lebih kuat. Namun fenomena itu ada. Dan kurasa bisa terjadi dengan siapa pun.

Rasa penasaran lalu bertanya kepada alam atau simpelnya meminta jawaban dari Tuhan. Dan seringnya jawaban tersebut datang tidak langsung dari orang yang kita tanyai, misalnya. Bahkan di banyak kasus yang kualami, aku tidak bertanya ataupun menceritakan rasa penasaranku kepada orang lain. Dan Alhamdulillah, suatu ketika, rasa penasaran dan pertanyaan tersebut terjawab. Ya, terjawab dengan cara yang luar biasa, begitu halus, dan manis.

Fellas, ada “tangan-tangan” Tuhan yang bekerja di sini. Tuhan memang Maha Mendengar dan Ia mendengar apapun yang kita ucapkan sekalipun ucapan tersebut tidak keluar dari mulut. Ada Tuhan yang mengurusi dan mengatur hidup kita ini. Sungguh, begitu lemah kita tanpa bantuan dan izinNya.

Fellas, aku rasa kalian pun bisa mencoba hal ini. Jika suatu waktu ada pertanyaan yang mampir ke benak kalian, dan kalian tidak sempat atau dengan alasan apalah, tidak bisa meminta jawaban dari sesama manusia, cobalah hening sejenak. Lalu bertanya kepada Tuhan. Ya, minta dariNya jawaban.

Fellas, tidak perlu hal-hal yang rumit semisal masalah dalam hidup yang memang sudah seharusnya kita tanyakan jalan keluarnya kepadaNya. Bisa hal simple (seperti ceritaku di atas) yang mengalirkan rasa penasaran yang tulus dari benak kalian. Dan Insha Allah, ketika Tuhan pikir kita siap dengan jawabannya, Ia akan membantu kita dan memberikan jawaban dari pertanyaan yang kita ajukan tersebut dan boleh jadi dengan cara yang tak terduga.

Kebetulan? Kurasa tidak.
Karena memang sudah seharusnya kita bergantung kepada Tuhan. Dan Tuhan lah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. 

No comments:

Post a Comment