Friday, 15 August 2014

Tentang Fenomena Langit “Runtuh”

Langit "Runtuh" di Inggris. Gambar diambil dari sini

“Pada hari Kami melipat langit bagaikan melipat lembaran buku-buku. Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan pertama Kami akan mengulanginya. Suatu janji atas diri Kami sesungguhnya Kami-lah yang akan melaksanakannya.” (Q.S. Al-Anbiyaa’ ayat 104)

"Allah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas A'rsy. Dia menundukkan matahari dan bulan, masing-masing beredar menurut waktu yang telah ditentukan. Dia mengatur urusan (mahluk-Nya), dan menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), agar kamu yakin pertemuan dengan Tuhanmu.” (Q.S. Ar-Ra’d ayat 2)

Kutipan di atas adalah ayat-ayat di dalam Al-Quran yang bercerita tentang langit. Ya, tentu saja. Kali ini kita akan membahas sedikit tentang langit yang bagiku adalah atap dari Bumi kita ini. Dan seperti halnya kutipan ayat Al-Quran tersebut, memang terdapat tanda-tanda kebesaran Allah yang dapat kita lihat melalui salah satu ciptaanNya yaitu langit. Aku memang bukan ahli tafsir Quran. Namun secara awam, pikiranku menjadi tergelitik saat membaca kutipan-kutipan tersebut. Yang paling gambling adalah, ya, siapa yang menopang langit sehingga mampu berdiri dengan kokoh tanpa tiang penyangga? Masya Allah.

Well, memang aku akan bercerita tentang langit. Namun aku juga sadar kalau aku belum cukup ilmu untuk membahas ayat Al-Quran. Sebenarnya kali ini aku mau cerita tentang sebuah fenomena yang baru-baru ini terjadi. Ini cerita tentang fenomena langit runtuh. Aku akan merangkum cerita tentang ini dari berbagai sumber yang aku dapat.

Fenomena menghebohkan ini terjadi pada sekitar minggu pertama bulan Agustus. Saat itu langit di kota blabla Inggris terlihat seperti runtuh. Seperti ada seseorang yang memukulkan palu dan menghancurkan langit dan membuat lingkaran kecil. Langit tampak seperti menghilang sebagian dan sedikit “berdebu”.

Kejadian inipun sempat membuat geger masyarakat setempat. Ada sebagian yang mengaitkan fenomena ini dengan tanda-tanda bencana yang akan terjadi. Ada pula yang berpendapat bahwa itu adalah awal kehancuran dunia. Namun faktanya, fenomena ini tidak hanya pernah terjadi di Inggris. Langit yang seolah runtuh ini pernah pula terlihat di Rusia, Amerika Serikat hingga Australia. Meskipun begitu, perasaan takut tentu terasa ketika melihat sesuatu yang cukup aneh ini. Karena bukankah manusia cenderung takut dengan apa yang tidak/belum diketahuinya.

gambar diambil dari sini
gambar diambil dari sini
gambar diambil dari sini

Dikalangan para ahli terutama di Met Office, awan seperti ini dikenal dengan istilah Holepunch atau Fallstreak. Mereka meyakini bahwa fenomena atmosfer ini disebabkan oleh kombinasi campur tangan alam dan manusia.

Ada awan sirus atau altokumulus yang mengandung air dengan suhu yang super dingin di bawah 0 derajat Celcius namun belum membeku. Awan dingin tersebut kemudian dilalui oleh pesawat terbang (ini campur tangan manusianya). Hembusan udara yang diciptakan melalui baling-baling pesawat tersebut mendinginkan awan dengan cepat. Saat pesawat telah lewat atau telah menembus awan dingin tersebut, akan terbentuk kristal es. Kristal tersebut membentuk lubang di awan yang kadang-kadang bentuknya sangat besar.

Nah, itulah sedikit cerita tentang fenomena langit “runtuh” yang sempat menggegerkan warga Inggris dan boleh jadi dunia beberapa hari yang lalu. Jika ada yang ingin melihat video-nya, silakan klik link ini. Oke deh, mudah-mudahan bermanfaat. See ya! :D

Sumber:

No comments:

Post a Comment