Thursday, 22 May 2014

Produk Kreatif Indonesia: Tas Rajut


Tada..foto di atas adalah salah satu koleksi tas rajutan, handmade, yang aku punya. Tas ini aku dapat dari Ez saat dia jalan-jalan ke Bukit Tinggi beberapa tahun lalu. Aku belum pernah jalan-jalan ke Sumatera Barat, tetapi dari oleh-oleh yang beberapa kali aku dapat, sepertinya di propinsi tersebut banyak pengrajin tradisionalnya. Salah satunya pengrajin tas ini.

Yup, aku lagi suka banget memakai tas ini kemana-mana. Tas ini terasa nyaman dan tampilannya pun juga menarik. Komposisi warnanya juga pas dan netral. Jadi aman kalau mau di pakai kemana aja, terutama untuk jalan-jalan santai gitu. :D

Menurutku, kita perlu banget mendukung industri produk kreatif di Negara kita tercinta ini, Indonesia. Terutama industri kreatif yang ukurannya belum massive, baru berupa industri kecil atau UKM. Karena menurutku dari sanalah, macam ragam dan ke-khas-an atau ciri bangsa dapat dikenali dan dapat dijadikan peta budaya Indonesia.

Yup, sebagaimana yang kita tahu, Indonesia itu terdiri dari beraneka ragam suku bangsa. Yang jadi nilai plusnya, setiap suku bangsa mempunyai budaya dan ciri khas masing-masing yang unik dan menarik. Dengan adanya kesadaran dari dalam diri kita untuk menghargai dan memakai produk dalam negeri, sudah merupakan salah satu bentuk cinta kita terhadap Negara kita ini, Indonesia. Apalagi jika produk dalam negeri ini bisa dikenal luas hingga ke mancanegara, dipakai sama para bule-bule itu, wah keren banget deh. 

Semoga industri produk kreatif di Indonesia bisa semakin maju. Aku juga berharap semoga karya kreatif anak bangsa ini bisa dikenal luas di mancanegara. Sayang banget keanekaragaman yang kita punya tidak bisa kita manfaatkan dengan maksimal. Ya, semoga Pameran Produksi Indonesia yang diselenggarakan di Bandung, Harris Convention Festival CTLink dari tanggal 22-25 Mei 2014, dapat terselenggara dengan sukses dan dapat menjadi jalan yang bagus untuk memajukan industri produk kreatif Indonesia. Aamiin. :)

gambar diambil dari sini

No comments:

Post a Comment