Sunday, 13 April 2014

Menu Sarapan Pagi di Sepenjuru Dunia

Jika mendengar kata –sarapan pagi-, aku pasti langsung teringat –nasi goreng-. Alasannya simple, karena dari sejak kecil, si Emak selalu rajin buat nasi goreng sebagai menu sarapan untuk kami, keluarganya. Namun jika tidak sempat memasak nasi goreng, sarapan wajib lainnya adalah tepung goreng. Emak selalu membuat sarapan yang komplit. Selain makanan, ada minuman juga yang berupa susu full cream hangat untuk anak-anaknya dan ada teh hangat buat Emak dan Bapak sendiri.

Well, nasi goreng buatan Emak bermacam ragam. Ada nasi goreng standar alias tanpa isi alias hanya bumbu yang digiling dan dioseng-oseng bareng nasi. Namun kalau lagi tidak standar, Emak bereksperimen. Ada nasi gorengnya dicampurin telur orak arik. Ada dicampurin ikan teri atau udang. Ada juga nasi goreng kampoeng, nasi goreng khas orang Melayu. Aku sih lahap saja memakannya. Apalagi nasi goreng kan memang paling enak dimakan selagi hangat. Yumm..:)


Nah, itu adalah menu sarapan yang biasa disajikan di rumahku. Di luar sana, ada banyak macam menu sarapan. Aku pun tertarik untuk mendatangi Mbah Google dan mengulik apa saja menu sarapan pagi di berbagai negara di dunia. Hayoo, ada yang mau tahu kah? Ada donk yaa..haha. Berikut menu sarapan pagi di negara-negara di dunia:

#1 Jepang

Biasanya orang jepang menghidangkan sup miso bersama nasi sebagai menu sarapan pagi. Sup miso itu sendiri adalah sup dengan bahan dasar dashi yang dicampur dengan makanan laut, sayur-sayuran dan miso sebagai perasa. Sup miso ini dimakan dengan mengangkat mangkok sup dan meminum kuahnya, sedangkan isi sup dimakan menggunakan sumpit. 

#2 Inggris

Menu sarapan orang Inggris, Skotlandia dan Irlandia tidak jauh berbeda. Mereka tidak memakan nasi, hehe. Sebagai gantinya ada satu porsi makanan dimana di dalamnya ada sosis, bacon, telur, jamur dan roti tawar yang dipanggang. Biasanya ditemani pula dengan secangkir teh atau kopi serta black pudding.

#3 Arab Saudi

Orang Arab punya tradisi sarapan yang berbeda. Mereka menghidangkan beberapa menu sarapan di meja makan. Di sekeliling meja, anggota keluarga pada berkumpul. Masing-masing dari mereka mengambil hidangan yang disjikan beberapa sendok dan memakannya bareng Pita Bread atau Roti Pita. Untuk minumnya, mereka menghidangkan the hangat.

#4 Nigeria

Moin-moin adalah salah satu menu sarapan di negara Nigeria (lucu yaa namanya ^.^). Makanan ini dibuat dari jagung dengan cara menggilingnya. Jagung giling tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kantong tahan air dan di fermentasi selama beberapa hari.

#5 Meksiko

Salah satu sarapan favorit orang Meksiko bernama Huevos Motulenos. Menu sarapan ini terdiri atas dua telur yang disajikan di atas Tostada (tortilla yang digoreng kering). Kemudian ditambahkan tomat, ham, kacang polong, pisang goreng, keju putih, dan terkadang kacang hitam.

#6 Amerika Serikat

Dari beberapa sumber bacaan yang kubaca di Google, umumnya orang Amerika Serikat (AS) memakan Pancake yaitu kue dadar yang dibuat dari terigu, telur ayam, gula dan susu. Bahan-bahan dicampur dengan air membentuk adonan kental yang digoreng di atas wajan datar yang diolesi sedikit minyak. Nah hasil dari pengamatanku di film-film Hollywood gitu, mereka juga memakan Scrambled Eggs alias telur orakarik sebagai menu sarapan mereka. Selain itu adapula yang sarapan cukup dengan Sereal dan susu.

Yup, begitulah kira-kira menu sarapan negara-negara di dunia. Apapun menunya, menurutku sarapan itu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh diantaranya membantu memberikan tubuh asupan energi di awal hari sehingga tubuh tetap fit dan tidak mudah lelah. Selain itu sarapan juga membuat kita fokus saat bekerja atau belajar di sekolah. Ayoo, mari kita sarapan sebelum beraktifitas. :)

Sumber:
http://m.merdeka.com

2 comments:

  1. hai hai, aku datang, walau telat hehehe
    informasi yang menarik tentang menu sarapan pagi dari berbagai belahan dunia. Pancake nya itu menggoda :D

    terima kasih sudah ikut berpartisipasi

    ReplyDelete