Friday, 18 April 2014

Master Post of Lucky No.14 Reading Challenge

Aku sudah menyukai membaca buku sejak kecil. Dulu aku sering menyisihkan uang untuk membeli komik-komik Elex, majalah anak-anak dan sesekali membeli novel. Namun saat ini, sepertinya, bahan bacaanku kebanyakan novel, dan novel tersebut novel terjemahan. Namun basicly, aku suka membaca apa saja. Yup, aku merasa membaca adalah salah satu hobiku.

Well, walaupun begitu, baru kali ini aku memutuskan untuk ikut Reading Challenge (RC).  Sepertinya menarik sekali membaca dimana buku-bukunya harus mengikuti rules tertentu. Dan dari macam ragam RC yang ada, aku putuskan untuk ikut dua macam RC, salah satunya Lucky No.14 Reading Challenge. 



Menurutku RC yang satu ini unik banget, dan ragam buku yang harus kita baca lalu kita review juga gak terlalu banyak, minimal 14 buku. Well, ke-14 buku tersebut harus mengikuti kategori berikut:

#1 Visit the Country
Maksudnya pilih buku dimana setting of place-nya adalah Negara yang ingin banget kita kunjungi. Setting-nya bukan sekedar setting saja, namun memang sebagian besar cerita buku tersebut bersetting di Negara tersebut. Hmm, aku sih pengen banget bisa berkunjung ke Prancis atau Jepang. Nah, dalam perburuan, aku menemukan novel karangan Emile Zola yang berjudul Therese Raquin. Ini novel mengambil setting tempat di Paris, Perancis, yaiy!

#2 Cover Lust
Nah silakan kamu pilih buku dengan cover yang paling menarik buat kamu. Nanti setelah dibaca bisa dibandingkan, apakah covernya sepadan dengan isinya. Haha, lagi-lagi buku untuk kategori ini masih dalam perburuan. Hadehh.. :D

#3 Blame it on Bloggers
Kategori yang satu ini mengharuskan kita membaca buku dimana kita tertarik dengan buku tersebut karena membaca review-nya dari teman blogger yang lain. Silakan sebutkan juga nama blogger yang merekomendasikan buku tersebut. Untuk kategori ini aku tidak spesifik judul bukunya apa, namun aku tertarik dengan genre Harlequin. Aku penasaran karena belum pernah membaca buku bergenre ini. Dan nambah penasaran karena tidak tahu Harlequin itu apa dan novelnya seperti apa. Rasa penasaran itu bertambah ketika main ke blog ini yang khusus membahas novel Harlequin. Oke deh, akhirnya aku dapat. Harlequin pertamaku berjudul Eternally, karangan Maureen Child. :D

#4 Bargain all the Way
Di sini kita membaca buku yang harganya sangat murah. Karena murahnya itu kita tertarik untuk membacanya walaupun kita belum tahu, ini buku bagus atau nggak. Untuk yang satu ini, aku tidak punya target tertentu. Hanya saja ketika aku berburu di Pesbuk (Pesta Buku) Gramedia, aku dapat novel karangan Agatha Christie yang berjudul Hallowe'en Party seharga 15 ribu rupiah saja. Hahay, bargain all the way!

#5 Not So Fresh From The Oven
Bongkar kembali rak buku dan temukan buku yang pernah dibeli di tahun 2013 namun belum sempat kita baca. Well, untuk kategori ini aku memilih Oliver Twist karangan Charles Dicken.

#6 First Letter's Rule
Rule yang ini cukup unik. Kita baca buku dimana huruf pertama dari judul buku tersebut adalah inisial nama kita. Sebagai catatan, untuk judul dalam bahasa Inggris, partikel "a,an," dan "the" tidak dihitung. Nah karena inisial nama aku –R- so maybe I’m gonna read The Red Pyramid by Rick Riordan. Oh ya, setelah buka-buka timbunan, aku menemukan novel lama yang belum sempat kubaca. Judulnya Rumah Maya. Aha, mungkin ini akan kupake untuk this sixth rule. :D

#7 Once Upon a Time
Intinya adalah membaca buku yang diterbitkan pertama kali sebelum kamu dilahirkan. Untuk yang ini, mungkin aku akan memilih buku ber-genre classic seperti Wuthering Height atau apalah nanti yang menarik perhatianku, hehe.

#8 Chunky Brick
Haha..ini kategori yang mengharuskan kita membaca buku tebal. Baca yang jumlah halamannya 500 lebih. Selagi itu novel, aku sih ok aja. Dan mungkin untuk kategori ini, aku mau membaca The Cuckoo’s Calling karya Robert Galbraith. Namun akhirnya pilihanku jatuh ke novel klasik karangan Betty Smith yang berjudul A Tree Grows in Brooklyn. Buku ini tebalnya lebih dari 500 halaman. Cocok donk ya dengan rule-nya. :D

#9 Favorite Authors
Sebenernya aku gak punya favorite authors. Aku lebih focus ke ceritanya. However, sekarang ini aku lagi tertarik dengan buku karya Edgar Allan Poe. So untuk kategori ini, aku putuskan untuk membaca tulisannya yang dirangkum di dalam buku berjudul Kisah-kisah Tengah Malam. :)

#10 It's Been There Forever
Baca buku yang sudah lama menumpuk di lemari buku. Kebetulan ada satu buku yang kubeli sekitar tahun 2008 yang lalu, tapi entah kenapa belum tersentuh. Buku karangan Tan Swat San, judulnya Rumah Maya.

#11 Movies vs Books
Nah kategori ini meminta kita membaca buku yang sudah difilmkan. Jadi nanti kita bisa bandingkan antara versi film dan versi bukunya. Untuk kategori ini, mungkin aku akan membaca The City of Bones atau buku lainnya yang sudah pernah kutonton filmnya.

#12 Freebies Time
Ambil buku yang merupakan hadiah dari seseorang, bisa hadiah ulangtahun, hadiah menang lomba menulis ataupun hadiah GA. Untuk kategori ini kebetulan Ez ngasih aku full series of Percy Jackson and the Olympians. So, I’m gonna take those books for these categories. Thankyou Ez, by the way. :D

13. Not My Cup of Tea
Kategori ini meminta kita membaca buku yang genrenya bukan kita banget. Hmm sejauh ini, sepertinya buku sastra abis yang jaraaaang banget aku baca. Belum tahu buku apa, namun kemungkinan buku sastra Indonesia. Ehh, aku rasa TeenLit juga cocok untuk rule ini. Ya, aku gak terlalu suka TeenLit.

#14 Walking Down the Memory Lane
Di sini kita baca buku yang kita suka banget dari sejak kecil. Bias juga buku yang saat kecil dulu pengen banget kit abaca. Kayaknya untuk kategori ini kebanyakan komik, haha. And well, saat melihat kategori ini aku terpikir buku kumpulan cerita Donald Duck atau Paman Gober. :)

Nah, menarik kan RC yang satu ini. Jika kamu tertarik, ayo buruan ikutan. Pendaftaran masih dibuka sampai tanggal 1 Desember 2014 lho. Untuk posting linknya plus info lebih jelasnya klik langsung blog Perpus Kecil ini ya. Happy Reading Challenge all. :)

No comments:

Post a Comment