Friday, 18 April 2014

Jalan-jalan ke Menara Gentala Arassy

Yaiyy, berjalan ke tempat yang baru memang bisa membuat pikiran lebih fresh dan enakkan. Sekitar beberapa hari yang lalu, aku dan Ez pergi ke Seberang Kota Jambi (selanjutnya: Seberang). Jaraknya sekitar 15 km dari pusat kota Jambi.

Sebelum bercerita lebih lanjut, perlu ku beritahu apa itu Seberang. Ok, sepengetahuan aku, Seberang adalah kawasan atau wilayah yang terletak di seberang sungai Batanghari. Sungai ini membelah Jambi dan memisahkan wilayah Kota dengan wilayah Seberang. Umumnya orang-orang Melayu Jambi yang banyak mendiami daerah Seberang ini. Rumah-rumah mereka banyak yang berbentuk panggung dan kegiatan keagamaan di daerah ini masih sangat kuat. Jika kalian tertarik melihat kebudayaan suku Melayu Jambi, datang lah ke sini. Bisa menempuh jalan darat sepertiku, bisa pula dengan langsung menyebrangi sungai Batanghari dengan getek (perahu kecil bermesin).

So, apa misi kami datang ke sini? Apa yang mau kami lihat? Well jawabannya adalah Menara Gentala Arasy. Menara ini belum diresmikan dan masih ada beberapa hal yang perlu dirapihkan, namun kami menyusup ke sana, haha. Jelas bukan nyusup sendirian, ada beberapa orang lainnya (umumnya penduduk sekitar) yang mengunjungi tempat tersebut.
 


Aku mengira menara ini akan digunakan sebagai ikon wisata. Karena menara ini terhubung langsung dengan jembatan gantung yang sekarang masih dalam proses pembangunan. Jadi kemungkinan jika sudah resmi nanti, jembatan tersebut akan merentang menyebrangi Batanghari dan berujung di Menara ini. Singkatnya bisa dikatakan Menara ini sebagai pintu masuk untuk memasuki dan berwisata di kawasan Seberang.

Aku tidak bisa memperkirakan berapa luasnya. Menara beserta halamannya sangat luas dan megah. Ada taman kecil yang tanamannya masih kecil-kecil karena sepertinya masih baru ditanam. Jika malam, lampu-lampu sorot di sekitar menara akan bersinar terang. Jika dilihat dari seberang sungai atau dari Kota, akan tampak indah sekali, berwarna-warni.

Cuaca sore saat aku dan Ez ke sana sangat mendukung, mendukung untuk foto-foto tentunya, haha. Ada beberapa foto yang berhasil diambil. Dan dari pelataran menara, kita bisa melihat sunset yang indah. Selain kami ada beberapa anak muda lainnya yang ikut menyusup. Ada pula anak-anak kecil yang bermain bola bersama-sama.




Sejauh ini aku berharap semoga Menara Gentala Arasy ini bisa jadi salah satu obyek wisata yang membanggakan Kota Jambi. Tentunya diharapkan juga agar menara ini terus menerus diurus mulai dari kebersihan, keasrian, hingga dari sisi fungsinya. Ayo kawan-kawan, main ke Jambi yuk. :)


No comments:

Post a Comment