Wednesday, 30 April 2014

A Place to Remember: Taman ACI

Bermain ayunan adalah salah satu hal yang paling kusuka. Aku gak tahu kenapa. Rasanya rileks banget saat berayun di ayunan itu. Rasanya seperti terbang kecil-kecilan. Ya, agak hieprbola mungkin, namun saat berayun kaki gak menyentuh tanah dan kepala tidak menumbur langit kan? Haha..

Sudah lama tidak bermain ayunan lagi. Agak susah juga untuk mencari tempat di mana bisa berayun sepuasnya. Apalagi untuk aku yang sudah 20 something gini. Setelah kunjungan yang tidak disengaja, akhirnya aku menemukan satu tempat untuk berayun yang oke. Tempat yang sebenarnya sudah kukenal sejak kanak-kanak dulu.


Tempat ini terletak di pinggiran kota, di sebuah taman bernama ACI (Alam Citra Indah). Di masa kanak-kanakku, taman ini salah satu tempat favorit untuk liburan bersama keluarga. Taman ini cukup luas, mungkin ukurannya pakai satuan hektar.

Kembali lagi berkunjung ke Taman ini sekitar 5 bulan lalu, tepatnya 25 Desember 2013 bareng Ez. Setelah membeli karcis, dari gerbang masuk, kita bisa melihat arena Paint Ball di sebelah kanan. Masuk lagi ke dalam, jalan tanah yang dilapisi rumput akan tampak membentang. Terlihat dari kejauhan, beberapa pendopo berjejer yang siap disewakan untuk pengunjung yang datang. 

Di salah satu Pendopo

Terus ke belakang pendopo, ada beberapa kolam yang bisa digunakan untuk tempat pemancingan dan tepat di samping kolam pemancingan, ada kolam sedang untuk bermain bebek dayung. Yang bikin lebih menarik, di ujung kiri arena bebek dayung, ada menara buatan dengan jalan melingkar untuk naik ke atasnya. Salah satu tempat bersantai yang tinggi, teduh, dan berangin. Menara buatan ini dindingnya dihiasi dengan batu besar berwarna seperti kerikil. Membuat tampilannya menjadi asri.

Di depan kolam bebek dayung
Di -katakanlah- Menara Kecil

Bila berbelok ke kiri dari kolam, akan ditemukan deretan pohon, seperti kebun kecil. Jalan setapak berumput itu akan terus membawa kita ke gedung pertunjukkan. Aku tidak tahu sebutan resmi untuk gedung itu, yang jelas gedung itu mempunyai pelataran yang luas. Aku membayangkan pentas tari, pentas musik atau pentas drama akan sangat pas diadakan di atas gedung ini.

Nah, tepat di seberang pelataran, kita bisa melihat arena gokart dengan beberapa penjaga yang siap melayani. Masih dengan berdiri di pelataran, kita bisa melihat kincir angin kecil di selah kanan arah jam satu. Dulu saat masih kecil, kincir angin ini jadi inceran banget. Rela antri beramai-ramai untuk membeli tiket mainnya.

Di Pelataran

Terus di mana donk ayunannya? Haha, sabar. Tepat di sebelah kanan pelataran, benar-benar bersampingan, ada sebuah arena bermain kecil. Ada beberapa patung wayang yang menghiasinya. Selain ayunan, ada pula jungkat jungkit, putar-putaran, prosotan, dan juga ayunan keranjang, maksudku ayunan yang bisa ditempati oleh dua orang sekaligus di mana mereka duduknya saling berhadapan. Kalau aku sih sudah jelas, langsung menyerbu ayunan tunggal yang seperti foto di bawah ini. Haha, senangnya bisa berayun lagi, berayun sepuasnya, yeeee. :D

Bareng patung Wayang

Maen ayunan..:D

Dulu tempat ini ramai sekali disesaki banyak orang, namun sekarang, pengunjungnya sudah mulai sepi. Ada beberapa permainan yang tidak lagi difungsikan. Mungkin karena saat ini telah banyak varian baru tempat hiburan keluarga. Walaupun begitu, tempat ini masih cukup terawat. Angin semilir membuatnya jadi lebih asri dan tempat yang tenang untuk bersantai. Lingkungannya masih bersih dari sampah. Beberapa pasangan memanfaatkan Taman ini sebagai latar prewed mereka. Yup, for me, this place is one of place to remember. Bukan hanya karena bisa main ayunan sepuasnya, tetapi juga karena membangkitkan memori masa kanak-kanakku bersama keluarga tercinta. Ayo, untuk yang main-main ke Jambi, sempatkan singgah ke sini. Jangan berharap lebih karena memang tidak memberikan banyak kelebihan, hanya cukup rasakan salam ketenangan dan keteduhan dari tempat ini. :)


4 comments:

  1. Aku pernah ke Jambi, cuma mampir di Kampus Mendalo aja siy hihihii...

    Terima kasih sudah berpartisipasi di GA ini ya. Good luck :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha..ayoo lain kali mampir lagii mbak Uniek. :D

      Iya sama-sama mbak. aamiin. :)

      Delete
  2. Haai Riski.. makasih sudah ikut GA ku yaa..
    pingin kapan2 bisa ke Jambi ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo..boleh boleh..ayo main ke Jambi Mbak..:D

      Delete