Tuesday, 14 January 2014

Kehilangan

Kali ini aku ingin bercerita tentang kehilangan. Kehilangan berbeda dengan ketidaksempurnaan. Walaupun boleh jadi hasil dari kehilangan itu ada yang disebut sebagai ketidaksempurnaan.


Kehilangan mungkin ada yang besar dan kecil. Maksudnya ada yang hilang lalu kembali lagi. Dan ada pula kehilangan besar yang tak kembali seumur hidup. Dan aku merasa, setiap manusia pernah merasa kehilangan yang besar. Kehilangan yang ditebus dengan waktu seumur hidup tanpa jaminan akan bertemu atau mendapatkannya lagi.

Seperti yang terjadi di suatu tempat. Aku melihat seorang wanita yang (merasa) kehilangan seumur hidup akan anaknya karena kematian. Dan di tempat yang sama pula, aku melihat seorang wanita yang (merasa) kehilangan seumur hidup akan kesempatan memiliki anak. Dan ketika aku melihat lebih kecil lagi. Melihat ke diriku. Tersenyum simpul ku atas (rasa) kehilangan yang juga harus kurasai seumur hidup.

Dan yah memang, kehilangan bukanlah tentang apa yang semula punya menjadi tidak punya. Karena pada hakikatnya, kita manusia, tidak pernah memiliki. Kita tidak pernah mempunyai sesuatu mutlak. Seperti perkataan klasik: semua yang ada pada kita hanyalah titipan, pinjaman. Kehilangan lebih simple dari itu. Kehilangan hanyalah tentang apa yang dulu ada menjadi tidak ada.

Semua orang, sebahagia apapun hidupnya, manusiawi jika pernah sekali, dua kali, bahkan lebih mengalami kehilangan yg menyakitkan..........Ya Allah, sejatinya kami kehilangan itu semua... tp yg lebih menyedihkan lagi.. kami sungguh tidak merasa kalau kami telah kehilangan perasaan "kehilangan" hal2 tersebut. (Tere Liye - *Kehilangan atas kehilangan)

No comments:

Post a Comment