Monday, 13 January 2014

Baju dari Mak Itam

Ceritanya beberapa minggu yang lalu, Mak Itam (saudara dari Emak atau bibi ku) datang ke Jambi dari Rengat. Mak Itam datang ke sini untuk sekedar liburan dan ini pun kali pertamanya. Di Jambi ini sekitar satu mingguan. Tepatnya dari tanggal 26 Desember 213 – 3 Januari 2014.

Well, di Jambi, kami mengajaknya berjalan-jalan. Untuk kali ini baru berjalan ke daerah Pasar. Pagi-pagi sehabis subuh, Mak Itam, Emak dan Bapak jalan pagi ke Pasar Tradisional Talang Banjar. Pasar tersebut berjarak sekitar 500 meteran dari rumah. Sengaja Bapak dan Emak tidak naik motor untuk belanja di hari minggu atau di hari libur kerja Bapak. Karena katanya jalan kaki lebih sehat. Nah ikut lah juga Mak Itam kali itu.

Selain ke Pasar Tradisional, kami juga mengajak Mak Itam berbelanja ke Pasar Jambi. Menulusuri terminal Rawasari, naik ke arah Tropi. Pernah pula singgah di Swalayan abadi, Mitra hingga ke Gang Siku, tempat berkumpulnya pedagang dan kios-kiosnya. Wow, seru banget. Mak Itam yang tak biasa berjalan kaki, jadi harus mengimbangi langkah kami. Namun Mak Itam menyukai berbelanja ke Pasar Jambi. Katanya barang-barang di sini lebih murah daripada di Rengat atau pun di Pekan Baru.

Saat berbelanja baju, aku kecipratan rezeki juga. Aku dapat long dress merah plus cardigan motif catur dari Mak Itam. Selain itu aku juga dapat Sweater warna warni dari Emak. Yee. Alhamdulillah. Rezeki emang gak kemana. Haha..
Oh ya, lanjut cerita tentang Mak Itam lagi, well, kami pun juga mengajaknya membuat mpek-mpek dan makan mpek-mpek dengan berbagai cara. Maklumlah, di Rengat sana hanya satu orang yang berjualan mpek-mpek. Di sana yang namanya mpek-mpek itu langka dan mahal. Kami ajak Mak Itam untuk makan ikan tepek, lenggang, dan tekwan. Sayangnya olahan mpek-mpek seperti siomay, rujak mie, dan mpek-mpek kapal selam belum sempat Mak Itam cicipi.

Tanggal 3 Januari, Mak Itam dan Emak kembali ke Rengat. Emak ikut juga ke Rengat lagi untuk mengantar Mak Itam sekaligus menghadiri pesta pernikahan sepupu aku di sana. Kapan-kapan main lagi ke Jambi ya Mak Itam. Makasih buat baju dan uang sangunya. Haha. We love you. ^_^

2 comments: