Saturday, 16 November 2013

Kuliner : Rawon Cak Pri


Menurut beberapa info online yang ku baca, rawon atau nasi rawon (karena selalu disajikan dengan nasi) adalah menu berupa sup daging dengan bumbu khas karena mengandung kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur (seperti Surabaya), dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta).

Nah, jika mau mencoba makan rawon di Jambi, kalian bisa datang ke Warung Bakso Suetan Cak Pri. Salah satu cabang yang ku datangi kala itu adalah cabang di daerah Mayang. Tepatnya berada di jalan Ir Juanda nomor 57a. Kira-kira hanya berjarak sekitar 100 meter dari Mayang Medical Center (MMC) atau sekitar 400 meter dari lampu merah Simpang Mayang. Warung bakso Suetan Cak Pri buka mulai pukul 11.00 hingga 22.00 WIB


Well, speaking about Rawon, ini kali pertama aku mencobanya. Rawon yang ku pesan kala itu sepaket dengan nasi putih yang dilengkapi dengan touge, sepotong tempe goreng, dan sambal (sepertinya sambal terasi). Harganya sekitar 25 ribuan. Umm, bagaimana ya menjelaskan rasa rawon? Haha, agak bingung juga nih. Referensi yang ada juga baru satu kali icip.

Oke, kurang lebih rasa kuah hitam di rawon tersebut seperti rasa sop daging yang menjurus ke rasa semur. Ternyata rawon itu cukup panas di perut karena mungkin menggunakan lada hitam. Nah, terbayang gak tuh rasanya. Haha, maaf yaa, belum bisa ku ceritakan dengan baik nih. Oh ya, ini foto menu rawon yang ku coba kala itu.


Yang pasti, dilidah aku, rasa sambal dan touge-nya melebur dan nyatu banget dengan kuah rawonnya. Hmm, memang benar-benar kaya negaraku ini, Indonesia. Seru lah nyoba'in menu yang satu ini. Jika teman-teman ke Jambi dan pengen makan rawon, yuk merapat ke sini aja. Di Jambi juga ada rawon. Hehe..:)

(Jumat, 15 November 2013)

No comments:

Post a Comment