Friday, 5 July 2013

Seputar Kartu Remi

Kartu permainan (bahasa Inggris: playing cards), atau lebih dikenal dengan kartu remi, adalah sekumpulan kartu seukuran tangan yang digunakan untuk permainan kartu. Kartu ini sering juga digunakan untuk hal-hal lain, seperti sulap, enkripsi, permainan papan, dan pembuatan rumah kartu. Kata “remi” itu sendiri sebenarnya adalah nama salah satu permainan kartu.



Sejumlah ahli sejarah menduga, kartu permainan itu hasil evolusi dari sejenis permainan catur yang dimainkan oleh para gembala di Asia Barat. Sambil menggembala, mereka bermain catur memakai kerikil. Ahli lain berpendapat, permainan kartu merupakan evolusi dari semacam upacara untuk berkomunikasi dengan para dewa. Empat batang tongkat atau anak panah yang sudah ditandai dengan empat simbol berbeda, dilemparkan ke atas altar. Tongkat mana yang jatuh, itulah yang diinterpretasikan sang pendeta sebagai titah dewa.

Pada awal produksi kartu Eropa, beragam tradisi muncul. Di Italia, ketiga kartu istana umumnya melambangkan raja, cavallo (kuda dengan penunggangnya) atau donna (nyonya) dan fante (tentara infantri). Di Jerman, golongan kartu ini kadang digambarkan sebagai hewan buruan (bebek, elang kecil, rusa jantan, anjing pemburu), dan kemudian sebagai hati, bel, daun dan biji pohon ek.

Di Prancis, sekitar tahun 1480, keempat set gambar berubah menjadi hati, wajik, sekop , dan keriting. Kartu-kartu istana dinamakan raja, chevalier (ksatria) dan valet (budak), tapi ratu akhirnya menggantikan ksatria sehingga membentuk raja, ratu, dan buruh atau rakyat biasa.

Info menarik lainnya, dari setiap jenis kartu melambangkan 4 pilar utama di zaman Middle Ages serta mewakili empat macam musim dalam setahun:
Spade (♠) : Mewakili militer dan musim dingin
Heart (♥) : Mewakili gereja dan musim gugur
Diamond (♦) : Mewakili kelas pedagang dan musim semi
Club (♣) : Mewakili agrikultur atau musim panas

Oh ya, 4 simbol raja pada kartu remi, pun ternyata melambangkan 4 raja yang terkenal di jaman masing-masing:

Spade atau sekop = David/Raja Daud
King spade melambangkan Nabi Daud atau King David. Ia adalah putra Jesse dan keurunan Rut. Dalam sebuah peperangan, King David menjadi pahlawan perang dengan membunuh Jalut dan menjadi Raja Israel seelah kematian Raja Luth. King David merupakan Raja yang kuat dan  bijaksana dalam mengatur suku-suku Israel dan menempa mereka menjadi Negara yang bersatu. King David juga merupakan orang ang mendirikan Baitul Muqaddis yang diselesaikan oleh anaknya Solomon/Sulaiman. Ia pun meninggal pada usia 100 tahun dan mewariskan tahtanya kepada Solomon.
 
Heart atau hati = Charlemagne/ Raja Prancis
King heart adalah lambang dari Raja Perancis bernama Charlemange. Ia adalah salah satu raja paling berpengaruh di zaman pertengahan. Pada zamannya, semua orang percaya bahwa hanya King Arthur yang legendarislah yang bisa disandingkan dengan Charlemagne. Raja Charlemagne adalah Raja kaum Frank dan kaum Lombard. Ia dinobatkan sebagai Imperator Augustus di Roma oleh Paus Leo III dan karenanya dianggap merukan pendiri Kekaisaran Romawi Suci dengan gelar Karel I. melalui penaklukan dan pertahanan, ia sering dianggap merupakan Bapak pendiri perancis dan Jerman bahkan kadang Bapak pendiri Eropa. Ia adalah Kaisar pertama di Barat sejak runtuhnya Kekaisaran Romawi. Charlemagne wafat ketika musim dingin bersalju di Aachen karena demam tinggi.

Diamond atau wajik =Julius Caesar
King diamond melambangkan Julius Caesar. Gaius Julius Caesar adalah seorang pemimpin militer dan politikus Romawi yang kekuasaannya terhadap Gallia Comata memperluas dunia Romawi hingga ke Oceanus Alanticus. Ia melancarkan serangan Romawi pertama ke Britania dan memperkenalkan pengaruh Romawi terhadap Gaul (kini Perancis). Ini merupakan sebuah pencapaian yang akibat langsungnya masih terlihat hingga saat ini. Julius Caesar bertarung dan memenangkan sebuah perang saudara yang menjadikannya penguasa terhebat di Romawi dan emmulai reformasi besar-besaran terhadap masyarakat dan pemerintahan. Caesar meninggal pada 15 Maret 44SM akibat ditusuk hingga mati oleh tangan kanannya sendiri, Marcus Junius Brutus dan beberapa senator Romawi. Aksi pembunuhan terhadapnya memicu perang saudara kedua yang menjadi akhir Romawi dan awal Kekaisaran Romawi di bawah kekuasaan cucu lelaki dan putra angkatnya, Kaisar Augustus.

Club atau keriting = Alexander the Great/Iskandar Agung
King Club melambangkan Alexander Agung atau Alexander The Great atau Iskandar Agung. Alexander the Great adalah seorang penakluk asal Makedonia. Ia diakui sebagai salah seorang pemimpin militer paling jenius sepanjang zaman. Ia juga menjadi inspirasi bagi penakluk-penakluk seperti Hannibal, Pompey, dan Caesar dari Romawi, serta Napoleon. Dalam masa pemerintahannya yang singkat, Alexander mampu menjadikan Makedonia sebagai salah satu kekaisaran terbesar di dunia. Sewaktu di Babilonia, Alexander tiba-tiba terserang sakit parah dan mengalami demam hingga 11 hari sebelum akhirnya meninggal pada tanggal 10 Juni 323SM, dalam usia 33 tahun. Penyebab kematiannya sungguh tidak jelas. Setelah kematiannya, tidak ada ahli waris sehingga terjadi perselisihan selama bertahun-tahun. Pada akhirnya, kekuasaan atas bekas kerajaan Alexander terbagi menjadi 4 wilayah yang masing-masing dikuasai oleh salah satu jendral Alexander.  

Well, ada pula beberapa fenomena menarik tentang kartu Remi ini, antara lain:
 (1) Jumlahnya 52, kenapa 52 ? Jumlah seminggu dalam setahun adalah 52 dan setiap kartu mewakili satu minggu.
(2) 52 = (5+2) = 7 = 7 hari dalam seminggu.
     Karena dari Inggris yang notabene 4 musim jadi kartunya mempunyai 4 jenis.
(3) Dalam satu jenis terdapat 13 kartu (dari As s/d King) 13 adalah jumlah minggu dalam satu musim atau perubahan fase bulan selama setahun.
(4) 13 = (1+3) = 4 = jumlah musim dalam satu tahun = 4 penjuru mata angin.
(5) Warna merah dan hitam, melambangkan Siang dan Malam.
(6) Kalau angka kartu dalam satu jenis kalian jumlahin semua (As = 1, Jack=11, Queen=12 dan King=13),maka jumlah totalnya adalah 364! Sama dengan jumlah hari dalam satu tahun, ditambah 1 Joker, menjadi 365 hari.

Sources:
http://www.kaskus.co.id/thread/5171285405346ac409000002/sosok-4-raja-dan-joker-dalam-kartu-remi/
google image

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete