Friday, 26 July 2013

Misoan

Dear Readers, ada yang suka makan Misoan? :)

Sedikit cerita, aku paham makan misoan ini awalnya dari cerita Bapak. Ia tetiba pengen makan misoan seperti zaman muda dulu. Katanya dulu, sebelum bakso menjamur,  ada banyak yang jualan misoan. Nah, misoan itu sendiri mirip bakso. Yang membedakannya adalah dari kuah yang tidak terlalu pekat dan dagingnya hanya dipotong-potong, bukan digiling.

Penasaran, waktu itu ingin coba, bagaimana rasa misoan. Sempat tanya sana sini, ternyata cukup sulit saat ini menemukan pedagang misoan di Jambi (atau aku yang kurang referensi ya, :)). Sekarang memang pedagang bakso yang lebih banyak menjamur. Fortunately, sahabat ku Bebeb Dewi alias Clebubb Dedew Dewi, merekomendasikan warung misoan di Jalan Kol. Abunjani atau tepatnya di depan PH (Pizza Hut), Sipin, Jambi.


Warung yang terletak di pinggir jalan itu cukup sederhana. Tampilan warung kaki lima biasa di trotoar jalan. Ditedengi oleh terpal dan spanduk sebagai atap dan dindingnya. Ada beberapa meja kayu rendah dan kursi-kursi plastik yang mengelilinginya. Warung misoan dan bakso ini bernama Warung Misoan/Bakso Zainal Abidin.

Di warung ini ada 7 menu yang ditawarkan dan dibagikan dalam dua kelompok yaitu misoan dan bakso. Untuk misoan sendiri, ada 5 macam varian; misoan ayam, misoan tulang sapi, misoan bakso, misoan ayam tulang sapi, dan bakso miso ayam tulang. Untuk minuman, lebih simple lagi; air mineral gelas dan teh botol. Well, harga yang ditawarkan pun terjangkau banget,:). Mulai dari 10.000 - 27.000 saja.

Pernah makan di situ bareng Ezi. Aku memesan misoan ayam, sedangkan Ezi memesan misoan daging. Isi semangkuk misoan ini selain mie dan suwiran ayam atau tulang sapi, juga ada suwiran tahu gorengnya. Misoan ini pun disajikan semangkuk penuh dan benar-benar mancing selera deh. Ditambah lagi kuahnya yang tak terlalu kental dan ringan. Berikut gambar misoannya:


Nah, mantapkan. Enak nih,:). So, bagi yang belum nyoba'in termasuk juga Readers di luar Jambi, ketika main-main ke Jambi, ayo coba'in misoan Pak Zainal ini yak, hehe,:)

[20 July 2013]

No comments:

Post a Comment