Saturday, 20 July 2013

I Eat These

Heyy Readers? Apa kabar? Mudah-mudahan selalu dalam berkah kesehatan, aamiin. Well, alhamdulillah, kita masih bertemu dengan Ramadhan. Bulan suci yang penuh berkah dan berlipat pahala, insya Allah.

Hmm bicara soal ramadhan, pasti identik dengan yang namanya puasa. And kalau bicara soal puasa, identik juga dengan menahan lapar dan haus atau lebihnya lagi ke makanan. Haha, so, di-posting-an kali ini aku mau bahas 3 resep makanan yang simple ala kiki. Bukan makan besar sih, maksudnya tentang makanan lah, haha. Postingan kali ini personal banget plus mungkin terkesan gaje. But trust me, i eat these, hehe,:)

#1 Nanas + garam
Pertama tentang buah. Siapa yang suka nanas angkat jempol! Hehe,:). Nanas atau buah yang mirip dengan rumah Spongebob Squarepants ini mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh. Jika ingin tahu apa saja manfaat buah nanas, silahkan klik di sini.



Menurut versi seorang kiki, ada satu cara makan nanas yang asik dan uenak selain dicampur dengan saus kacang (rujak) atau dicolek pakai sambal merah. Resep ini aku dapat dari Bapak yang emang doyan makan buah. Ini simple banget, cukup ditambah garam. Yupz, si nanas dikupas lalu dicuci bersih. Kemudian segera dipotong-potong pecah 8. Masing-masing bagian ditaburi garam halus. Biarkan sejenak, sampai keluar airnya. Baru deh dimakan. Hmm enak,:). Kalau takut garamnya kebanyakan atau malas nunggu garamnya larut ke dalam nanasnya, bisa disiasati dengan air garam. Jadi nanas yang sudah dipotong tadi, direndam sesaat dengan air garam. Woilla, buah nanas jadi terasa lebih segar dan gurih. Cobain deh..hehe,:)

#2 Tepung Goreng
Oke, we go to cemilan simple tapi enak versi kiki, haha,:). Gak tahu apa nama formalnya, tetapi aku menyebutnya tepung goreng. Ini resep sederhana yang diwariskan dari Nenek ke Emak, lalu dari Emak ke aku.



Well sesuai namanya, ini adalah tentang tepung (gandum) yang digoreng. Caranya begini. Ambil air secangkir dan tempatkan di mangkuk adon, lebih baik yang terbuat dari bahan stainless atau kaca. Ambil garam halus satu sendok teh peres dan larutkan ke dalam air tadi. Setelah itu, campurkan tepung gandum sedikit demi sedikit sambil aduk hingga rata. Setelah adonan pas alias tidak terlalu kental atau terlalu encer, panaskan minyak sayur di penggorengan. Colek adonan seujung jari untuk cicip garamnya terasa atau tidak. Kalau belum terasa, tambahkan saja sedikit lagi. Nah, ketika minyak sudah cukup panas, masukkan tepung dan goreng hingga kecokelatan dengan api sedang. Nah, simple kan,:).

Aku suka menjadikan makanan ini cemilan, terutama cemilan di kala lapar namun nasi atau lauk di meja makan uda end alias habis. Aku juga sudah mencoba beberapa varian rasa. Bila tidak suka rasa garam saja, bisa larutkan air dengan bumbu mie, penyedap rasa, atau kaldu ayam instan, silahkan pilih. Bisa juga dengan cabai merah halus. Paling maknyus bila adonan dicampur dengan bawang merah halus. Wow, selera banget aku untuk icip-icipnya. Oh ya, kalau Nenek dan Emak lain lagi seleranya. Cukup tepung campur air dan garam seperti resep diatas dan setelah digoreng, dimakan dengan cara ditotol gula pasir. Ini solusi bagi penyuka rasa manis. Enak lho tepung goreng ini, apalagi hangat-hangat. I like this,:)

#3 Nasi+Kecap+Omelet
Nah ini makanan simple, praktis, dan hemat waktu. Aku juga lahap kalau makan yang seperti ini. So, jika kalian anak kos atau jika di rumah tidak setuju dengan masakan Emak, cobain aja resep ini, kalau kalian tertarik dan suka sih, haha,:). Cukup modal kecap dan omelet, selesai deh jatah makan siang atau makan malam,:).



Well, omelet alias telur dadar di sini gak perlu yang ribet. Aku biasa masak omeletnya cukup dengan campuran bawang merah dan cabai merah yang diiris halus. Bila tidak suka, bisa bumbunya dihaluskan dulu, baru campurkan ke adonan omeletnya. Nah, setelah adonan telurnya jadi, tinggal goreng deh. Aku biasa menakarnya begini: satu butir telur + 2 potong cabai merah iris + dua siung bawang merah iris + garam secukupnya. Ketika telur sudah matang, tiriskan sekejap lalu tinggal siapin deh nasinya. Simple, nasi putih plus kecap manis. Aduk sampai rata sesuai selera. Ambil omelet yang masih hangat tadi dan makan. Dah siap dan praktis kan? Enak pastinya. Tetapi ya gitulah, kalau Readers tidak suka kecap, yah tidak perlu dipaksakan, hehe,:)

Oke lah teman-teman pembaca semua, itu 3 buah resep simple mungkin juga unik untuk makanan yang biasa ku makan. Kalau berbicara dari segi kesehatannya, aku juga belum tahu. Sejauh ini tubuh aku tidak merespon yang macam-macam habis makan makanan tersebut. Namun jika Readers semua ada info soal ini, bolehlah berbagi-bagi. Biar wawasan kita sama-sama bertambah, hehe,:). Well selamat mencoba icip-icip makanan di atas, jika mau mencoba sih, hehe,:).

[15 Juli 2013]

No comments:

Post a Comment