Tidaakk!!

sumber google image

Pagi ini, sekitar pukul 04:45, aku semi terbangun karena alarm hape yang berbunyi nyaring. Hape ntu ada di atas meja kecil disamping tempat tidurku. Reflek kuraih, dan kutekan tombol "matikan", lalu aku kembali tidur. Aku sengaja pasang alarm jam segitu seperti biasa untuk membangunkanku di waktu subuh. Tapi ya itu, biasanya hape aku taruh di meja di seberang tempat tidurku. Agar ketika alarmnya berbunyi, aku harus bersusah payah bangun dan berjalan untuk mematikannya. Namun kali ini aku taruh di dekat tempat tidur, dalam jangkauan tanganku. Dan aku ngantuk banget rasanya. Alhasil aku alpa solat subuh pagi ini. 

Ok, lanjut ceritanya. Aku matikan alarm hape lalu kembali tidur hingga... hmm, ini yang versi gak enaknya. Sekitar jam 5:47, aku kembali semi terbangun gitu. Saat itu posisi tangan, aku rasakan menggantung, bukan di tepi tempat tidur. Aku merasa ada sesuatu yang nyangkut di tanganku itu. Aku kibas-kibas terus. Rasanya seperti ada helaian rambut yang nyangkut di tangan. Dan kok tak hilang-hilang ya yang nyangkut ini. Aku pun membuka mata, tidaakk!! Sungguh terkejut setengah dewa, aku lihat tangan sudah penuh semacam cairan yang menyala dalam gelap gitu. Kamarku memang ku matikan lampunya kalau tidur malam. Jadi cairan di tanganku, yang entah cairan apa itu, menyala terang sekali. Panik banget!!. Aku langsung terduduk ngeri, dan aku usap-usap tangan ke sprey agar cairan atau apapun itu yang ada di tanganku hilang. Ehh malah cairan itu lengket di sprey dan alhasil sprey ku pun ikut menyala sesuai pola jari-jari tanganku. 

Perasaanku campur aduk. Mulai dari bingung, takut, panik, dan macam-macam. Aku pun berdiri dan berjalan ke arah saklar lampu. Aku hidupkan, dan kulihat tanganku, tak ada apa-apa di situ. Aku lihat ke arah tempat tidurku, di spreyku, tak ada apa-apa juga. Aku lihat pula ke lantai, hanya ada beberapa helai rambut yang terserak. Aku masih berdiri dan terdiam. Pikiranku terus mencerna, ini semua sebenarnya apa sih? 

Tak dapat jawabannya, aku pun bergegas ke kamar mandi. Kubasuh tangan dengan sabun sesuai langkah-langkah mencuci tangan yang baik yang pernah kubaca dulu. Aku benar-benar gak mau ada cairan itu yang tersisa. Aku pun juga tak mau cairan itu masuk ke kulit tanganku dan menimbulkan alergi atau malah keracunan. Hiii..ngerii lah pokoknya. 

Setelah selesai mencuci tangan, aku kembali ke kamar. Aku pandangi tempat tidurku itu. Lalu kututup pintu dan kumatikan saklar lampu kamarku. Mau kulihat, masih ada gak, ya cairan yang menyala dalam gelap tadi di atas spreyku. Dan.. ternyata sudah gak ada lagi. Spreyku tampak gelap seperti biasa. Tanganku pun juga gitu. Di lantai pun tak ada jejak-jejak bercahaya apa pun. Aku tarik nafas dan aku hidupkan lagi lampu. Aku merasa enggan untuk tiduran lagi di tempat tidur itu. Akhirnya kuputuskan untuk mengganti sprey dan juga seluruh sarung bantalku. 

Weeww, ada yang tau gak, darimana asal cairan yang menyala dalam gelap di tanganku itu? Aku bingung mencari penjelasannya. Ada sih aku tahu seekor hewan melata gitu. Warnanya merah dan bentuknya seperti kelabang, namun kurus dan kecil seperti cacing. Di daerahku, hewan itu di sebut "reno". Kalau kita pencet tubuhnya, sebagai perlindungan dirinya, akan keluar cairan berwarna hijau terang dan bau menyengat. Aku benar-benar gak suka dan ngeri sama reno. Tapi, kalau memang tadi reno, aku herannya kok tak ada jejaknya, kemana tu hewan pas aku sudah hidupkan lampu. Lantai kamarku berwarna putih, pasti kontras banget sama warna tubuhnya reno. Kulihat bantal dan spreyku juga gak ada apa-apa. Ditambah lagi, cairan di tanganku itu nyalanya putih bukan hijau dan tak tercium bau seperti cairan reno. Haduhh aku jadi bingung campur ngerii. Gak lagi-lagi deh, >_<. 

Hmm, kenapa ya aku ketimpa kejadian kayak gini. Pagi-pagi pula. Apa karena aku lalai sholat subuh ya? Ya Allah, ampun, gak mau lagi kayak gini. Astagfirullahal'aziim. [11 Maret 2013]

Comments

  1. di rumah ku juga ada bbrpa ekor yang pernah ku liat, setelah ku pukul ada cairan berwarna hijau terang menyala. takut banget, klo ditempat ku ramanya rena, sebenernya hewan itu berbahaya ga yah? q juga suka khawatir klo lg tidur, biasaya ada di atap kmr ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh..ampir sama namanya. iyya hewan ini ngeluarin cairan hijau yg baunya khas. gak tw jg cairan itu beracun ato gak. kata si Mbah ku, hewan ini ngeri ny naik ke kasur n' masuk k'telinga qt..ituu sihh. hmm..

      Delete
    2. Hewan LENA nama nya neng. Dia ga beracun tp dia kanivora

      Delete
    3. Iya lena nmnya drmh gw sblum dperbaiki bnyak bro..dia sukanya d tempt yg sejuk

      Delete
    4. Oh, bisa disebut Lena juga ya? Ok sip. Thanks infonya. Thanks guys sudah mampir kemari. :)

      Delete
  2. oh namanya reno toh. haduh aku baru aja ngalamin nemu binatang kaya gitu di kamar ku. buru2 aku semprot pengharum ruangan gitu alhamdulillah ampuh. tp sebelum binatangnya mati keluar cairan hijau terang gitu. kira2 binatang ini bertelur gak yah? dan gimana yah cara mengusirnya? ada yang bilang pake daun pandan??? nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di tempat kk sebutannya emank reno. tapi bahasa indonesia-nya belum ketemu apa.

      minim banget juga informasi kk soal hewan ini. paling yang tau nya tuu hewan punya cairan warna ijo n' bau.

      Delete
  3. kaka jawabannya mau dikirim ke email aku dong. hehe *serasa ikut kuis aja :)
    stacatostring@ymail.com
    nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah mampir. Langsung saya bales di sini saja ya.. :)

      Delete
    2. di aku namanya lenyay...geli n tkut sama hewan ini.drumahku sering ada

      Delete
    3. Nah, satu lagi sebutan untuk hewan ini: Lenyay. Haha, sama mbak..geli and males banget kalo ketemu. Thanks sdh mampir kemari Mbak IIs. :)

      Delete
  4. mitosnya si itu binatang jadi jadian yang namanya rena itu,tapi ga tau juga dink,...ditempatku ada...kadang keliatan,

    ReplyDelete
  5. di rumahku jg adaa,,,
    pdhl kamar sudah rapi dan bersih,
    tetapi hewan reno itu selalu menghantui ku,,
    slalu muncul
    tp slalu aku semprot dg minyak kayu putihh..
    takuut :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyya. gak peduli udah rapi bersih, tetiba nongol tuu reno merambat di dinding. pake kayu putih yaa..pake racun srangga smacam baygon aja..sayang aja gitu kayu putih ny buat reno..hehe..

      Delete
  6. iya tu hewan yg satu tu emg menjijikan + mengerikan.....bayangin ja kl pe msuk telinga trus beranak didlm gmn donk....kadang2 q juga nemu di kmrq....
    gmn yach cara melenyapkan hewan melata itu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh ngerii banget sampe branak pinak..ayoo mending kita stop membayangkannya..hehe :D

      kalau aku sih, ambil raket atau apapun itu yg bisa digunain buat mukulin si Reno ntu sampe mati..

      Delete
  7. kalo nemu itu jangan dimatiin di tempat, pindahin dulu ke luar ato masukin ke perapian. itu sifatnya kaya kelabang, darah dan bau nya bisa Lure reno yang lain, bersihin juga bekas pijakanya. tapi kayanya juga ga berbahaya kok selain rumornya bisa masuk telinga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, baru tahu! Aku sering gitu kalo nemu Reno. Oke, makasih ilmunya, Mas. :D

      Delete
  8. Sama-sama mbak
    Dari pengalaman aja sih, soalnya dulu sering banget nemu itu ren* sampe tiap hari ada di tembok blkang LCD, trus saya experiment deh haha :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, ya ampun sampe jadi experiment! Iya, males banget kalau sudah ketemu itu. Sebenarnya gak tega juga mau dibunuh, tapi ya gitu deh. Biasanya kalau hari panas Reno-nya sering muncul (kalau tidak salah).

      Delete
  9. aku juga punya temen namanya reno. dia gak betelur. tp beranak lewat istrinya.. by vickysonic

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okay, thanks Vicky yang punya temen bernama Reno ;)

      Delete
  10. Oh namanya reno -_-
    Barusan nih gw matiin dan gw kaget bgt keluar cairan hijau. Gw kira hewan jadi jadian -_- , lagian jam 2 mlm gini sgala ada tuh hewan di kamar gw. Untung gw liat. Kalo kaga kan bahaya..

    ReplyDelete
  11. Kalau di sekitaran tempat tinggalku nyebutnya "Reno". Gak tahu kalo di temat lain. Belum tahu juga bahasa Indonesia-nya apa.

    Haha, ya gitu deh. Ada cairan hijau terangnya. Ntu cairan juga rada bau. Trimakasih sudah mampir.. :)

    ReplyDelete
  12. Bimo kampretos ''alamat fb: bimo''13 November 2014 at 02:48

    Itu namanya cairan glow in the dark ,kumpulin trus masukin botol kaca sampe cairan glow in the dark nya kira2x 1 liter'an trus taruh di sudut2 ruangan yang gelap .di jamin rumah jadi hemat listrik .klo dah di pake sekali trus keluarkan lalu campur telur ,daging ayam(dada),garam,cuka,kecap saos tiram,goreng .sajikan selagi hangat .semoga dapat membantu.

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. Terimakasih dan terimakasih sudah mampir kemari. ;)

      Delete
  14. Oalah namanya Rena, penasaran sering ngeliat ngerayap di tembok pas dibunuh ngeluarin cahaya warna ijo -_-.. Sip dah ceritanya sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sepertinya hewan ini punya nama yang macam-macam; rena, reno, lena, kalimanyar, dll. Sip, makasih sudah mampir.

      Delete
  15. Gwe juga iya bree di kamar gwe tadi baru aja liatt trus gw langsung buka google hewan apa tuh yahh ehh trnyata reno yahh , tadi nya smpet saya pegang tuh hewann dan anehnya ko ngluarin ijo2 yahh dan udahny ko bau banget ihhh langsung gw bunuh tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..bener banget itu cairan ijo-nya punya bau khas. Aku nyerah, deh kalau disuruh pegang.

      Delete
  16. kalo kami diPalembang namanya Leno-Leno,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..lucu namanya. Tapi, ya, di beberapa daerah, namanya hampir mirip. Nice info and trims sdh mampir kemari. :)

      Delete
  17. Barusan juga ngga sengaja megang terus ngeluarin cairan hijau gitu di tangan kaget banget langsung cari tuh si reno tapi ko malah ngga ada ya jadi langsung cuci tangan aja , itu bahaya ngga kalau cairan hijau nya terkena tangan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ngerti sii itu bahaya ato nggak. Yang jelas bau cairannya itu gak enak. Iya, kayaknya langsung di cuci pake sabun aja Mbak. :)

      Delete
  18. Saya juga nemu dikamar mandi tapi kok saat saya matiin malah terputus langsung jdi 2,3,4 mlah jdi bnyk , dimatiin mlh msih hidup itu rrno bkn ya?
    Tapi ciri"nya mirip tapi ga tau ada cairan hijau enggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hii..sepertinya bukan Reno Mbak Gieta. Karna setauku, Reno kalau di matiin ndak bakal tepisah2 gitu. Terus walaupun di air, cairan hijaunya masih bakal bisa terlihat.

      Delete
  19. Tadi di kamarku juga ada>.< malah sempet gigit betis+paha w�� udah aku ubek2 seisi kamar tapi nggak ketemu. Lagian kasus kita juga sama kak, lupa belum sholat����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwwa..beneran kegigit? Mudah-mudahan gak kenapa2 yaa..
      Haha..iyya, tuu laa ini teguran kalii yaa..

      Delete
  20. Barusan bgt aku kebangun kak gegara tangan aku brasa geli2 gt pas aku usap iyaa tangan aku jadi ada nyala hijaunya kebetulan lampu kamar emang aku matiin. Trs langsung aku nyalain trnyata ada hewan semacam cacing pas mau aku bunuh tiba2 hilang padahal pndangan aku trtuju sma hewan itu sama sekali ga menoleh dicari diseliling jg ga ada jejak. Sempet syok ko bisa menghilang gt ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiii...iyya cairannya ijo menyala terus baunya menyengat dan khas. Kadang si reno aneh banget. Bisa lenyap mendadak gitu. Entah nyelip dimana.

      Delete
  21. Itu hewan terus " n muncul di kamar w,,, ampun bikin w gelisah gk bs tidur ini byangin barusan w nemu 3 ekor 1 dikasur pas w mo tidur ke injek gila kaget bner, habis itu muncul lagi 1 dilangit " kamar 1 ditembok,, :@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius? Gila...banyak banget reno-nya. Buruan diusir/dibuang/dibunuh. Biar nggak bikin susah tidur lagi.

      Delete
  22. Gila, malam ini aku mengalami kejadian serupa, terus googling dan nemu artikel ini.
    Kejadiannya pas di dapur mau minum terus pegang teko air dan gak sengaja nekan hewan itu (reno di pegangan teko). Akhirnya jempol kananku kena cairan hijau bercahaya, terang. Agak lama, dicuci gak hilang2. Sekitar semenit baru ilang. Kaget banget.
    Setelah kejadian, dicari renonya udah gak ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reno ini kayaknya agak misterius ya, hehe. Mungkin sudah kabur nyelip kemana gitu waktu kamu kaget kena cairannya.

      Delete
  23. Gimana cara bikin rumah kita jd tempat yg ga disukai lena ya, biar lena2 yg ada kabur tak bersisa, soalnya aku takut banget asli merinding klo liat si hewan menjijihka itu 😂😂
    Klo lena lg di langit2 kamar mau dibunuh menggeliat geliat gtu ky mau jatuh, takut jatuh ke kasur lenanya, udh gtu klo dibunuh ada bekas nodanya di langit2/tembok jd bkin jelek rumah, hiiii gelii lah pokonya 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, aku juga geli-geli jijay sama reno. Tapi ada juga temanku, dia ngebuang renonya pakai tisu. Reno-nya gak dibunuh. Jadi kalau kamu bisa menjangkau langit-langit kamar dengan tangan, atau biar dindingnya nggak jelek kena cairannya, buang pakai tisu aja. Pelan-pelan ngambil renonya. Kalau rada ngeri minta tolong sama orang di sekitarmu yang bisa nolongin. :D

      Delete
  24. Aku juga baru aja kejadian, pas tidur si reno itu jatuh dari sela tembok langit-langit ke tangan saya, dan cairan hijau terang mercik kemana-mana, untungnya masih sempet keliat, langsung ambil tisu n dipencet ampe mati, suer, nemu kejadian tadi syok bgt, kebetulan lokasi rumah yang sekarang sebelahan ama kali... Semoga temen2 gak ngalamin kejadian kaya gini... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, sabar yak. Cairan ijonya memang bikin syok. Mungkin itu cara si reno buat mempertahankan dirinya. Mungkin renonya juga syok itu. Dan mungkinlah ada hubungannya dengan kali. Mudah2an gak kejadian lagi, ya. Salam.

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Tadi pas mau tidur liat cahaya ijo" dibawah sprei trus aku pegang eh kena tanganku. Udah panik bgt pikirannya aneh". kirain itu cairan alien😂. Trus nemu artikel ini deh. Tapi masih takut itu cairannya kena tangan bahaya nggak ya? Udh cuci tangan pake sabun sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya, memang bikin kaget kalau lihat cairan ijo terangnya itu. Menurutku, sih, itu cairan buat melindungi dia dari musuhnya. Kalau aku terkena, aku cuci pakai sabun juga sebersih mungkin. Terimakasih sudah mampir.

      Delete
  28. Baru aja kejadian juga. Pas lagi asik maenin hp,eh ada yg merambat di tembok. Ku kira benang,lah ternyata gerak²..hii jadi ngeri sndri ini...aku lihatin terus sampe ada cecak yg mau makan. Ehh malah jatoh kena selimut adek aku. Langsung deh reflek bangun,dan kebetulan juga dianya belum tidur. Aku deg deg an banget pas lihat itu jatuh. Langsung ku suruh kebutin selimutnya. Eh bener ada di selimut. Langsung aku ambil kayu balok. Aku injek pake kayu balok. Aku kaget,merinding,takut kenapa pas bayangannya balok kena tuh hewan jadi ijo terang menyala gitu. Langsung deh aku buang terus aku lap lantai bekasnya tadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di sini kebanyakan sewaktu udara panas si Renonya muncul. Sekilas mirip benang kalau meramba di tembok, benang merah marun. Kalau dilihat secara dekat seperti kelabang namun lebih halus. Aku kalau sedang gak tega, kubunuh pakai baygon spray. Terimakasih sudah mampir mba Siti Nursyafika.

      Delete
  29. saya nemu satu d tembok kamar tidur..
    ini fotonya setelah saya tangkap dengan solasi..
    https://postimg.org/image/k0g11tyo1/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih, bener seperti itu Reno yang kumaksud. Ada yang lebih pendek. Pernah aku coba bunuh pakai semprotan serangga, bisa menyusut nanti badannya itu. Terimakasih infonya.

      Delete
  30. Barusan aq bunuh hewan Reno setelah itu aq bakar pake korek.trs aq biarin aja dilantai setelah beberapa menit aq lihat lg itu Reno sudah ga ada Khan serem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi ada2 aja. Daripada parno mending positive thinking aja. Ya, mana tahu renonya sdh jd abu trus ketiup angin, haha.

      Delete
  31. lol hhh kok nmanya reno yah reno kn nma gw

    ReplyDelete
  32. kok nmnya reno yah wkwk nma gw jdi bintang hh LOL

    ReplyDelete
  33. Sy baru ngalamin tengah malam,,di saat anak lagi pules tidur karna rewel lg sakit,,pas lg enak2 tidur smbil meluk anak di lengan atas kaya ada semut gitu lg jalan, tp lama2 berasa kaya merambat jalan. Langsung bangun deh, karna lampu kamar di matiin dan blm sempet di hidupin langsung aja di buang ke lantai soalnya kaya cacing gt, pas lg jalan niatnya biar dia ga jalan dan mau nyalain lampu di geser pake plastik eh malah ke lindes sm tangan jd hijau nyala deh,,langsung ga bisa tidur dan parno....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya, pertama kali ketemu hewan ini bikin ngeri2 gmana ya mba. Kalau aku buruan cuci tangan mpe bersih biar ngerasa lebih aman aja, hehe.

      Delete
  34. Ini artikel dari tahun 2013 ya.. aweeeet...

    ReplyDelete
  35. Sy kebangun karena awalnya Kepengen pipis ke toilet kbtulan kamar tempat tidur pake kelambu karena ada anak lagi tidur pulas tiba2 Dr toilet terdengar anakku terbangun menangis panggil mama2...ah kupikir nangis digigit semut langsung aku gendong anakku keluar dari kelambu tempat tidur Utk menenangkan tangisan anakku yg ganteng ini eh tiba2 pas mau masuk ke kelambu tempat tidur masak ada itu lenyai Reno menempel dikelambu sontak Sy bangunin suami Utk mematikannya suami Sy langsung ambil kertas dan membejek2 lenyai yg udah dimasukkan ke dalam kertas tadi untung aja ini anakku nangis kasih sinyal bahwa ada tanda bahaya lenyai disekitar kelambu tempat tidur untung ga kenapa2 Sy sering bgt nemui binatang itu biasa nya di tembok or langit2 atap kamar untung jg Sy punya Indra ke 6 jd kl ada lenyai buru2 aja dimatiin takut masuk ke telinga n kamar msti sllu nyala lampu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, bikin deg-degan banget. Syukurlah ketahuan cepat. Bawaan curiga aja gitu kan sama lenyai.

      Delete
  36. Tmpt kmi nm nya leleno, sarangnya diatas plafon rmh (suka tempat yg kotor / jorok).suka berkembang biak didalam lipatan / tumpukan pakaian dan juga lubang2 ditanah/batu, kalau hujan deras dia suka keluar (kayaknya takut air) hehehe.. hewan ini bertelur dan bisa menggigit (tpi ga sakit gigitannya).kalau terdesak bs mengeluarkan suara (sprt suara ular tp agak kecil).dipencet keluar cairan hijau terang.jaga kebersihan saja untuk sekedar mengurangi jumlahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di rumahku sering turun dari plafon mba. Terimakasih info tambahannya. Baru tahu kalau leleno itu bisa mengeluarkan suara.

      Delete
  37. kok ane munculnya pas musim ujan ya,parnah ane ketemu tuh rena bisa dihitung kira2 selang semingu2 gitu ketemu tuh rena,dan kejadian terakhir itu rena lagi jalan2 di dinding rumah ane terus ane berpikir "kok ada hewan ini lagi ya"terus aja ane liatin pas ane pengen siksa eh dia masuk kebolongan ,terus ane tungguin 1 jam pengen ane bunuh tapi tuh rena ga keluar2 ya kamvrett bevner,terus selang 2jam ane cari lagi disekitaran tkp tapi gak ketemu,ya udah akhirnya ane jadi parno sendirii mana depan kamar ane lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, niat banget, ditungguin. Mungkin sudah kabur rena nya. Kata komen di atas, rena suka keluar kalau hujan deras.

      Delete
  38. Orang sunda sebut hewan ini dengan nama "leunyai", kalo dia menyengat katanya sakit banget karena beracun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya hewan ini punya banyak nama/sebutan ya kak. Alhamdulillah rasa-rasanya belum pernah kegigit.

      Delete
    2. Kalau kegigit, bagaimana cara mengobatinya kak?

      Delete
  39. Kak habis kena itu gimana reaksinya? Gak kenapa2 kan? Aku kena ni soalny dan aku cukup panik pas gugel ketemu artikel kakak.efekny apa aja ya setelah kena?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah setelah cuci tangan pakai sabun, gak kenapa2. Kulit tanganku juga tidak melepuh atau gatal2. Kamu gimana?

      Delete
  40. Barusan aja ini, parno, mana dah malam pula kan.
    Bikim g bisa tidur jg duhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, sabar ya kak. Berdoa aja tidurnya aman. Besok paginya bisa bersih-bersih TKP :D

      Delete
  41. Dirumah aku ada lenyai, kira" tiap hari tiap malam selalu keluar. Tapi ini lenyainya yang berukuran agak pendek. Sebal akutu padahal udah dibersihin kamar sampai bersih sih sih tp kok masih ada gitu. Tiba" hewan itu muncul sekelabt gak tau keluarnya dari mana. Semoga lenyai segera hilang dr kamarku krn takut masul telinga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Bawaan memang curiga aja dengan si lenyai ini. Takut merayap ke telinga dsb. Semoga cepat hilang lenyai di kamarnya ya kak.

      Delete
  42. Parno bgt di kamar ku jga hampir tiap hari nemu lenyai, d bju lah di tembok pernah satu hari saya nemu di pampers yg di pake anak saya kan bikin parno, gmn ya supaya di rumah gak bnyak lenyai nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, ngeri banget yang di pempers itu. Menurut komen di bagian atas, sering-sering jaga kebersihan ruangan kak. Tetap waspada aja. Semoga lenyainya gak bikin khawatir lagi.

      Delete
  43. Pake apa y buat basmi renyai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di rumah, kadang kusemprot pakai anti serangga atau dibuang pakai tisu/penggaris. Kalau untuk jangka panjang kurang tahu juga kak.

      Delete
    2. Di kamar aku juga ada kak.udah aku beresin kamarnya. Tetap aja ada. Udah aku bunuh mlah semakin bnyak. Kok bisa ya dah di bunuh malah semakin banyak. Cara membasminya pakai apa ya kak. Takut banget soalnya di hantui terus oleh Reno. Setiap hari ada terus

      Delete
  44. Kalau saya, di rumah yang terbuat dari kayu, saya pakai oli baru atau bekas, alhamdulillah leunyai nya ga ada yang muncul lagi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa yang bisa dilakukan di Hago Farm

Pohon Sukun Meranggas