Tuesday, 18 December 2012

Mimpi


“Mimpi..adalah kunci
Untuk kita…menaklukan dunia”
 

Itulah dua baris lirik dari lagu yang dinyanyikan oleh Nidji yang berjudul Laskar Pelangi. Lirik yang sangat inspiratif itu mengambarkan bagaimana mimpi itu mempunyai arti yang besar di dalam hidup kita. Bagaimana mimpi mampu membuat suatu kehidupan lebih berasa dan mempunyai rasa.

Awalnya aku tidak menyadari bahwa mimpi adalah sesuatu yang penting dalam hidup ini. Aku hanya menganggapnya sebagai titik kecil di dalam hidupku yang terkadang aku abaikan. Tetapi semua berubah ketika aku membaca tiga dari empat buku Tetralogi Laskar Pelangi. Buku-buku itu menceritakan tentang kekuatan mimpi dan keberanian untuk bermimpi yang sangat inspiratif banget buat aku. Akhirnya aku pun mulai memperhatikan titik kecil dalam hidup aku tadi dan aku membuatnya menjadi sebuah spot besar yang tidak akan pernah lagi aku abaikan.

Entahlah mengapa aku mau bermimpi dan berani bermimpi. Yang jelas setelah aku memulai untuk bermimpi, aku merasa lebih hidup. Dan kehidupan yang singkat di dunia ini menjadi lebih mempunyai tujuan dan tidak terasa sia-sia. Aku mulai mengerti tentang apa yang sebenarnya aku mau dari hidup ini. Aku bisa menguji kemampuan yang aku miliki itu sebatas apa. Selain itu aku juga bisa belajar untuk memperjuangkan apa yang aku impikan. Tentu saja mimpi-mimpi aku tuh bukanlah sesuatu yang bisa merugikan orang lain tetapi sesuatu yang bisa membuat aku dan orang-orang yang kusayang merasa bangga dan mungkin bahagia.

Dan aku mempunyai mimpi. Banyak mimpi. Salah satunya adalah aku ingin sekali suatu hari nanti bisa menjelajahi bumi ini. Mendatangi Eropa, Afrika, Australia, Asia, bahkan juga Amerika. Yep, aku ingin sekali bisa keliling dunia. Mengapa? Karena aku ingin bertemu dengan banyak orang dari berbagai bangsa. Karena aku ingin melihat berbagai tempat dan kebudayaan yang ada di muka bumi ini. intinya menambah pengalaman dan pembelajaran. bukankah hidup di dunia ini cuma sekali kan? Wah..bila mimpi itu bisa menjadi kenyataan…aku pasti bakal merasa bangga dan happy banget. Aamiin aamiin ya Robbal’alamin.

gambar diambil dari sini

Mimpi aku itu mungkin terasa sangat impossible. Tapi rasanya bodoh sekali bila hanya untuk bermimpi saja takut. Ada banyak sekali hal yang tak terduga di dalam hidup ini yang bisa terjadi. Dan aku rasa bila kita mau berusaha untuk mewujudkannya maka gak ada yang gak mungkin. Semua bisa saja terjadi.
gambar diambil dari sini

Aku paham untuk mewujudkan mimpi ku itu diperlukan banyak usaha dan doa. Untuk itulah aku dari saat ini telah berusaha untuk mewujudkan mimpi itu. Aku memulainya dengan menyukai bahasa Inggris. Mengapa? Tentu saja karena bahasa inggris adalah bahasa internasional. So kita musti menguasai bahasa yang satu ini untuk bisa bergabung dengan dunia internasional. Kemudian aku lanjutkan sekolahku dengan kuliah di jurusan bahasa inggris untuk bisa melatih bahasa inggris ku agar bisa lebih fasih.

Lalu bagaimana rencana aku untuk mewujudkannya? Saat ini aku sedang mempersiapkan diri untuk mengambil beasiswa S2 ke Australia. Pengumuman kelulusannya akhir tahun nanti, sekitar bulan November atau Desember. Memang aku berharap bisa mengunjungi Eropa untuk yang pertama. Lalu kalau memungkinkan, dari Eropa bisa menyeberang ke Afrika. Seperti kisah kegigihan dan semangat Arai dan Ikal untuk menjelajahi Eropa dan Afrika, di novel Edensor yang ditulis oleh Andrea Hirata. Bagaimana seorang anak pedalaman mampu melakukan hal besar yang terasa sangat Impossible untuk dilakukan. Walaupun begitu memulai dengan Australia juga tidak terlalu buruk. :)

Selain dari kisah di novel Edensor, cara ini juga terinspirasi dari kisah salah seorang dosenku yang bernama Pak Amir. Beliau memperoleh kesempatan untuk mengambil S2 di Holland alias Belanda. Saat liburan selama tiga minggu, beliau naik kereta api yang membawanya melintasi 15 negara Eropa. Wah..apa gak hebat tuh. Seorang lulusan Jambi bisa melakukan hal itu. Kalau begitu, gak salah kan kalau aku mempunyai mimpi seperti yang kuceritakan tadi?

Memang sih terkadang aku terpikir, bagaimana bila apa yang aku rencanakan itu tidak bisa berjalan semestinya alias gagal. Bagaimana bila seandainya mimpi aku itu tidak bisa menjadi nyata. Kalau sudah begitu mungkin aku bakal pasang wajah menganga setiap melihat liputan atau membaca kisah tentang negeri lain di luiar sana, haha. Hmm, selain itu aku akan menyerahkan semuanya kembali kepada Tuhan. Seperti kata pepatah “tidak hanya satu jalan ke Roma”. So mungkin saja bila ternyata rencanaku itu gagal, Tuhan mau memberikan cara lain kepadaku. Mana tau aku menjadi istri seorang diplomat yang bertugas diluar negeri, di berbagai negara di belahan bumi ini. Atau bisa saja malah aku yang tertarik untuk kerja di Deplu yang juga bertugas di luar negeri. Atau mungkin suatu hari nanti aku tiba-tiba menang undian 100 milyar. Wah bisa puas banget jalan-jalan keliling dunia. Aduh…makin kacau saja nih imajinasi aku.

Well…intinya aku gak akan pernah stop bermimpi dan berdoa plus berusaha. Karena mimpi adalah semangat dan yang bisa membuat aku terus semangat menjalani hidup. Istilah iklannya, mimpi bisa ngebuat hidup aku lebih berasa, berasa lebih.

Gak ada kata terlambat untuk bermimpi…
Ayo bermimpi dan wujudkan mimpi-mimpi kita (^ _ ^)

2 comments:

  1. kereenn, usahanya juga kereen :D makasih udah ikutan yaa. semoga terwujud!

    ReplyDelete